Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Mengenal fungsi subtotal dan grandtotal pada aplikasi excel

Mengenal fungsi subtotal dan grandtotal pada aplikasi excel


apa itu fungsi subtotal dan grandtotal?


Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi pembuatan nilai subtotal dan grandtotal pada aplikasi excel yang sangat mudah dalam mengerjakannya. fungsi ini sering digunakan untuk membuat sebuah group data dan mencari nilai dari group data tersebut. misalnya dalam sebuah file laporan terdapat data barang dengan nama barang minuman dan makanan. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); laporan yang akan dibuat adalah mengelompokan transaksi sesuai minuman dan makanan dan kemudian mencari nilai statistiknya seperti total keseluruhan, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, jumlah data atau yang fungsi yang sering kita dengar yaitu fungsi statistik.

Baca Juga : Fungsi sort dan filter pada aplikasi excel

cara menggunakan fungsi subtotal dan grandtotal


untuk menggunakan fungsi ini pada aplikasi excel sebetulnya tidak terlalu sulit. cukup dengan mempersiapkan data atau tabel yang mau dibuatkan subtotal dan grandtotalnya. untuk fungsi tersebut ada di menu Data, group ribbon Outline. lihat gambar berikut : 
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar tombol dari fungsi subtotal pada aplikasi excel

contoh penggunaan subtotal dan grandtotal pada aplikasi excel


  • siapkan terlebih dahulu contoh data untuk diberikan fungsi subtotal dan grandtotal
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Contoh data untuk penggunaan fungsi subtotal pada aplikasi excel
  • jika sudah siap, simpan kursor pada cell yang terdapat data kemudian pilih sort pada menu data. kenapa harus di sortir atau diurutkan terlebih dahulu, karena untuk mendapatkan data yang terstruktur yang sesuai dengan keinginan kita. lihat artikel sebelumnya tentang fungsi sort.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
gambar langkah-langkah sort data
  • jika sudah menentukan urutan datanya seperti gambar diatas dan posisi kursor masih pada tabel atau data yang aktif, silahkan pilih menu Data kemudian klik tombol Subtotal maka akan muncul tampilan seperti berikut :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
gambar langkah-langkah subtotal
  • pada tampilan form subtotal ada beberapa yang perlu dipahami
    1. At each change in: berfungsi untuk memilih kolom yang digunakan sebegai kolom sortir data atau kolom yang urutannya yang diinginkan seperti pada tahap sortir kita memilih kolom cabang.
    2. Use function: berfungsi sebagai rumus yang ingin digunakan untuk hasil subtotal dan grandtotal. isinya hampir sama dengan fungsi statistik mulai dari Sum, Average, Max, Min, dan lain sebagainya.
    3. Add subtotal to: memilih kolom mana yang akan dicari subtotal dan grandtotalnya. jika memilih kolom dengan data yang berupa angka maka akan menggunakan Use function yang digunakan. jika memilih kolom dengan data yang berupa karakter atau gabungan maka akan menggunakan fungsi jumlah data yaitu Count.
    4. Replace current subtotals: jika menceklis ini maka setiap perubahan data akan langsung disesuaikan dengan perubahan data yang baru.
    5. Page break between groups: jika menceklis ini maka akan ada garis pemisah Page break pada tampilan subtotal dan ketika di print akan mencetak persubtotal sesuai pagebreak yang dibuat.
    6. Summary below data: jika menceklis ini maka tampilan untuk subtotal dan grandtotal ada dibawah data sesuai kriteria kolom.
  • berikut tampilan subtotal dan grandtotal sesuai pengaturan form subtotal diatas
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
gambar tampilan subtotal dan grandtotal sesuai pengaturan diatas
sekian paparan tentang fungsi subtotal dan grandtotal pada aplikasi excel. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.
salam belajar microsoft excel :)





Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS