Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Membuat Label Undangan di Ms Word dengan Data dari MS Excel

Cara memanfaatkan fasilitas Mail Merge. Untuk membuat label undangan di MS Word dengan mmenggabungkan data dari MS Excel. Mencetak label undangan jadi mudah dan cepat. Tanpa harus mengetik penerima undangan satu per satu langsung di label. 

Sebelumnya operator computer membuat label dan data list undangan secara langsung di Ms Word. Data list undangan tersebut sebetulnya tersimpan secara default dalam bentuk file Ms Access. Tapi, bagaimana jika kita telah memiliki data list dalam bentuk tabel file Excel?. Apakah harus dimasukkan kembali ke data list dengan mengetiknya lagi?.

Jawabannya, tidak perlu!. Lebih baik kita gabungkan saja data file Ms Excel tersebut ke Ms Word. Gunakan fasilitas Mail Merge. (Ssstttt, operator computer bisikin ya, sebetulnya ini berlaku juga untuk data tabel yang dibikin di Ms Word. Amazing!). Menggabungkan data Excel dengan mail merge Word, dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Mail Merge Data Excel untuk Membuat Label Undangan di Word

Tutorial ini menggunakan aplikasi Microsoft Office Word dan Excel 2003.

Diasumsikan kita telah memiliki tabel data list undangan di Ms Excel. Nama file-nya 'data undangan.xls'. Disimpan di My Documents, dengan format header di cell A1 Nama dan cell B1 Alamat. Seperti gambar berikut:
8-mail-merge-data-xls

Pada row atau baris kedua dan seterusnya adalah data list undangan yang telah diketik. Diasumsikan pula kita telah memiliki format label dan ukurannya sudah pas dengan lembaran label undangan yang kita miliki.

Membuka mail merge

Buka file label undangan tersebut, klik menu Tools > Letters and Mailings > Mail Merge. Di sebelah kanan jendela Ms Word akan muncul pane Mail Merge.
Gambar Membuka Mail Merge

Pada langkah Step 3 of 6 bagian Use an existing list klik Select a different list….
Gambar Select-different-mail-merge-data-xls

Pilh file Excel data undangan  

Cari file Ms Excel yang berisi data list undangan yang telah kita buat sebelumnya. Klik di bagian dropdown Look in:. Misalnya, di My Documents/data undangan.xls. Setelah dipilih, lalu klik tombol Open.
Gambar Browse data mail merge
Memilih data Excel untuk label undangan

Pilih wordsheet dan data undangan

Munculah kotak dialog Select Table. Pada tabel ini bisa dilakukan langsung klik OK. Karena tabel yang telah bikin berada di Sheet1 langsung terpilih. Dan berisi First row of data contains column headers. Maksudnya, baris pertama pada worksheet tabel undangan dijadikan sebagai kepala tabel/ table header, telah tercontreng secara default. Jika tabel data list undangan berada di worksheet yang lain pilih sheet tersebut. Klik OK.
Gambar Pilih Worsheet data Excel untuk mail merge

Berikutnya muncul kotak list penerima undangan yang telah kita ketik di Ms Excel tersebut. Kita bisa memilih beberapa penerima saja, Catanya dengan membuka dan mencontreng di sebelah kiri nama penerima undangan. Jika sudah merasa cukup klik OK.
Gambar Pilih data peneriama undangan

Kini data tersebut telah bergabung dan dapat dilihat di Word. Selesailah langkah cara membuat lebel undangan di Word dengan data dari Excel. Tinggal manfaatkan saja fasiltias mail merge.

Setelah membuat lebel undangan di Word dengan menghubungkan data dari Excel, pekerjaan lanjutnya adalah menggabungkan data list undangan dengan format label lalu mencetaknya (print).

Caranya ada di sini:

Menggabungkan Data List Undangan dengan Label di Ms Word
Print Data Undangan pada Label dengan Mail Merge

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://support.office.com/

Bukan maksud menggurui tapi hanya berbagi pengalaman.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS