Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Waspadalah! : Macro Excel Dapat Merusak Data Anda

virus macro vba excel
Dengan kemampuannya yang luar biasa untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja microsoft excel, macro/vba juga membuka peluang untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyisipkan script berbahaya yang dapat merusak data excel, dan bahkan menghilangkannya sama sekali.

Hal ini harus benar-benar diwaspadai karena karena saking mudahnya, orang yang baru belajar makro pun dapat membuat script yang merusak ini. Cukup dengan record macro, maka code vba yang bersifat merusak data dapat dibuat.

Sebagai contoh yang sangat sederhana adalah sbb:
  • Kebanyakan pengguna excel, termasuk saya lebih suka menggunakan tombol shortcut "CTR + S" pada saat menyimpan hasil perubahan/edit pada file excel. Shortcut "CTR + S" ini berfungsi untuk memerintahkan komputer untuk menyimpan hasil akhir atas perubahan yang kita lakukan pada file excel tersebut. Kalau kita lakukan record macro atas proses ini, maka script yang kita peroleh adalah sbb: 
Sub Macro1()
    ActiveWorkbook.Save
End Sub
  • Jika kita kembali melakukan record macro untuk proses sbb:  select All (tekan "Ctr + A") ---> Delete (Tekan tombol Delete)--> Save (tekan "Ctr + S"), maka script macro/vba yang kita peroleh adalah sbb: 
Sub Macro2()
    Cells.Select
    Range("A1").Activate
    Selection.ClearContents
    ActiveWorkbook.Save
End Sub
  • Jika untuk Macro2 tersebut kemudian kita buat shortcut  "Ctr + S", walhasil pada saat kita tekan "Ctr +S",  maka komputer akan menjalankan Macro2, yaitu menyeleksi semua cell dalam activesheet (select all), kemudian menghapus semua datanya (clear contents) dan dilanjutkan dengan proses save file. Data yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan karena file sudah di-save (proses terakhir)
  • Meskipun script macronya tersimpan di file lain, asalkan file tersebut dibuka dan macro enable, maka proses macro2  juga dapat merusak file excel lainnya yang akan di-save menggunakan short cut "Ctr+S".
Jadi apakah makro berbahaya?
Bisa dikatakan iya jika kita tidak berhati-hati.

Bagaimana supaya terhindar dari bahaya macro?
Pastikan dulu code macro aman sebelum dijalankan.

Demikian semoga bermanfaat, dan lebih waspada...:-)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS