Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Cepat Membuat Hyperlink Dalam Ms Excel

Cara yang umum dilakukan pengguna excel untuk membuat hyperlink adalah dengan klik kanan pada sel yang akan dibuat hyperlink dan dilanjutkan klik Hyperlink. Cara lainnya adalah melalui menu atau tab Insert dan pilih hyperlink.  Sayangnya, cara tersebut hanya dapat membuat satu hyperlink saja per sekali proses. Bagaimana jika kita bekerja dengan ratusan sampai ribuan data dimana setiap data harus di hyperlink dengan data lainnya? Membuat hyperlink satu persatu, meskipun sangat mudah, tentunya bukan pilihan yang tepat kecuali Pak Bos mau membayar uang lembur  lebih untuk cara kerja yang sebenarnya tidak efisien.

Misalnya kita memiliki serangkaian data 1 s.d 100.   Untuk memudahkan review, data dirangkum dalam sebuah sheet, sebut saja sheet “Review”.  Setiap data harus dibuat hyperlink ke rincian detail pada sheet lainnya, anggaplah nama sheetnya “Rincian”. Lalu bagaimana cara membuat hyperlinknya dengan cepat?

Dalam hal ini saya akan sharing sebuah alat sederhana yang sudah saya buat. Sebut saja namanya “LinKer”.   Code VBA-nya sengaja tidak diproteksi,  jadi teman bebas untuk mengubek-ubek dan mengembangkannya.

Silahkan didownload di sini : LinKer.zip

Cara Cepat Membuat Hyperlink
LinKer
Cara kerja alat ini sederhana saja, yaitu dengan cara mencari text yang sama antara sumber dengan target hyperlink pada kolom dan baris yang sudah ditentukan. Alat LinKer ini hanya menggunakan range excel untuk menyimpan parameter-parameter yang diperlukan untuk membuat hyperlink. 

Parameter yang diperlukan mencakup data sumber hyperlink dan target hyperlink yaitu berupa nama file, nama sheet, kolom, dan baris. Tanda digunakan untuk menandai baris tertentu apakah harus di buat hyperlink atau tidak.Kolom cek (paling kiri) digunakan untuk menentukan apakah baris parameter akan dieksekusi atau tidak.

Untuk lebih mudah memahaminya dapat dicoba dengan mengetes file contoh yang disertakan dalam link download diatas. Cukup merubah data parameter-parameter pada alat LinKer dan kemudian tekan tombol Set Hyperlink dan perhatikan hasilnya pada file yang dieksekusi. Jangan lupa untuk hapus hyperlink terlebih dahulu pada file contoh.

Demikian semoga dapat bermanfaat...:)


Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS