Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Mudah Compress File PDF


Berawal dari seorang teman yang meminta tolong kepada saya untuk meng-compress atau memperkecil file pdf berupa scan-an ijazah yang harus ia kirim ke perusahaan dimana ia bekerja. Tapi file pdf-nya yang tadinya berukuran 800 kb ingin diperkecil menjadi dibawah 500 kb. Saya coba googling dan download beberapa aplikasi yang memang khusus untuk memperkecil ukuran file pdf. Entah apakah saya salah menggunakannya ataukah apa ? aplikasi-aplikasi tersebut tidak berguna. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya mampu paling 5 - 10 persen daya compresi-nya. Saya merasa bingung sudah cari kesana-kemari tetap saja hasilnya nihil. Sejenak sayapun berpikir........ dalam pikiran saya terlintas tiga hal yaitu ekstensi pdf, Adobe Reader dan Adobe. Jika berhubungan dengan Adobe maka saya teringat salah satu produk Adobe yaitu Adobe Photoshop.

Cara Mudah Compress File PDF

Maka saya coba-coba buka file pdf tersebut menggunakan Adobe Photoshop yang sudah terpasang di PC, oooh dan ternyata terbuka. Saya coba hanya cukup dengan Save as... alhasil ukuran file pdf tersebut dengan begitu mudahnya diperkecil.

Menggunakan Adobe Photoshop memperkecil ukuran file pdf ternyata cukup mudah. File pdf yang tadinya berukuran 800 kb bisa sampai 300 kb bahkan bisa lebih kecil sampai dibawah 100 kb, tergantung pengaturan. Hanya saja kalau dalam dokumen pdf tersebut ada beberapa lembar tidak bisa di kompres sekaligus, jadi harus satu-satu.

Jika anda ingin tahu caranya mudah kok, berikut akan saya jelaskan :

Langkah persiapan :
1. Pastinya dalam komputer anda sudah terinstal Adobe Photoshop, versi berapa saja. Jika belum ada... yaa diinstal dulu tentunya hehe.
2. Buka file pdf dengan cara klik kanan kemudian Open with.... Biasanya sudah ada disana pilihan kalau anda akan membukanya dengan apa. Kalau Adobe Potoshop belum ada disana maka klik Choose default program... kemudian klik Other Programs. Kalau ada disana maka pilih dan hilangkan centang pada Always use the selected program to open this kind of file, selanjutnya klik Open
3. Jika di sana masih juga belum ada, maka klik Browse.., selanjutnya masuk dan pilih ke C:Program FilesAdobeAdobe Photoshop ...Photoshop.exe. Kemudian klik Open dan klik OK dan jangan lupa hilangkan centang pada Always use the selected program to open this kind of file, kecuali anda akan men-default setiap dokumen pdf dibuka dengan Adobe Photoshop.

Langkah Eksekusi :
4. Setelah dibuka dengan Photoshop maka tampilan pertama yang akan muncul ialah jendela Inport  PDF. Disana ada dua pilihan Pages dan Images. Pages artinya bahwa yang akan diinport adalah satu halaman full beserta text dan gambarnya, kalau Images artinya bahwa yang dapat kita inport hanya gambar-gambarnya saja yang ada dalam dokumen PDF tersebut. Pilih saja Pages, kemudian pilih halaman mana yang akan di kompres. selanjutnya klik OK..
5. Jika sudah terbuka maka langsung saja ke menu File > Save As.., Pilih Save as type nya ke Photoshop PDF (*.PDF, *.PDP) kemudian klik Save - klik OK.
6. Maka selanjutnya akan terbuka jendela Save Adobe PDF. Nah disanalah anda dapat mengatur kuwalitas dari PDF tersebut. Aturlah sesuai kebutuhan anda, sebisa mungkin atur dengan memperkecil ukuran/size tapi tidak terlalu banyak menurunkan kuwalitas tampilan. Artinya meskipun ukuran kecil tapi dokumen masih bisa dibaca atau jelas, jangan sampai ukuran kecil tapi ketika dibuka malah deokumen tersebut tidak jelas dan buram. Jadi silahkan anda coba-coba saja pengaturannya di sana.
7. Jika sudah mengaturnya, maka klik Save PDF.

Itulah cara memperkecil file PDF yang saya lakukan, apabila ada hendak mencobanya dan ada yang kurang dimengerti, boleh bertanya dalam komentar.

Terima kasih... semoga bermanfaat
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS