Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Pengatur Jadwal Pelajaran dan JJM SD


>>>Download<<<
disini Pengatur Jadwal Pelajaran dan JJM untuk Sekolah Dasar
 - 
Jadwal merupakan perangkat penting seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Tanpa itu, kegiatan seorang guru tidak akan teratur dan tidak karuan. Pengaturan yang baik pada jadwal, maka akan mengefektifkan kegiatan belajar mengajar tersebut. Karena menyusun jadwal pelajaran di sekolah ada aturan dan tidak bisa dibuat seenaknya saja. Pengaturan yang tepat adalah pengaturan yang sesuai dengan JJM tiap-tiap mata pelajaran sebagaimana yang tertuang dalam kurikulum di sekolahnya masing-masing. Apalagi bila di sekolah anda terdapat guru yang mengajar mata pelajaran/bidang studi seperti Guru Agama atau Guru PJOK pasti pengaturan jadwal ini harus benar-benar sesuai terutama dalam perhitungan JJM nya agar nantinya valid dan tidak bentrok. Apalagi bagi guru yang sudah sertifikasi, maka JJM ini sangat penting akan kesesuaiannya, karena jika tidak sesuai maka sertifikasinya tidak cair. Memang pengaturan jadwal di Sekolah Dasar tidak sesulit di SMP, SMA atau SMK, karena hanya mengatur Guru Kelas dan dan beberapa Guru Mata Pelajaran. Jadi jadwal bentrok sangat mudah diatasi.

mengganti nama/me rename sheet

Kebetulan saya mendapat tugas dalam mengatur Jadwal yang sekaligus penghitungan JJM-nya yang harus sesuai. Karena penaturan jadwal ini suka ada perubahan tiap tahun nya maka karena curat coret di kertas agak malas, saya coba-coba buka Excel kemudian saya gunakan apa yang saya tahu agar mudah digunakan tanpa harus hitung-hitung JJM pakai jari. Akhirnya jadilah sebuah workbook excel untuk mengatur Jadwal Pelajaran plus penghitungan JJM khusus untuk Sekolah Dasar. Di sana kita dapat mengatur Jadwal mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan langsung perhitungan JJM untuk semua guru secara otomatis terlihat kurang atau lebihnya. Sederhana tapi semoga berguna meski barangkali pengaturannya mungkin masih salah. Untuk itu setelah anda download dan anda coba saya tunggu masukannya jika pengaturan pada pengaturan jadwal pelajaran tersebut masih salah.

Penggunaannya juga saya rasa cukup mudah :
  • Pertama, tinggal kita atur jam awal masuk sesuai sekolah anda,
  • Kemudian atur juga durasi jam pelajaran serta istirahat sesuai di sekolah anda
  • Masukan mata pelajaran pada jadwal
  • Setelah mata pelajaran selesai diisi, di bilah sebelah kanan kita atur jam pelajaran wajib, wajib tambahan dan juga tambahan
  • setelah itu maka akan muncul JJM asal nama mata pelajaran tidak boleh berbeda penuliasnnya dengan antara pada jadwal dan juga pada pengaturan JJM
  • Jika ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di komentar di bawah.
Update :
Dari iseng jadi seneng....
Tadinya iseng-iseng saja sih hanya karena ada pekerjaan yang berhubungan dengan pengaturan jadwal pelajaran. Eh dibuka diedit dibuka diedit dibuka diedit jadi betah deh... akhirnya Workbook Excel Pengatur Jadwal Pelajaran dan JJM ini saya buat dan saya bagikan disini. link download diatas sudah link baru, jadi sudah versi perbaikan.

Jika sebelumnya saya sudah posting tentang Pengatur Jadwal Pelajaran dan JJM SD yang masih agak acak-acakan, nah sekarang juga masih itu juga hanya yang ini sebut saja versi perbaikan hasil buka edit buka edit itu tadi. Meski ini perbaikan bukan berarti sudah baik, pastinya masih banyak kekurangannya. Yang jelas di versi ini ada perubahan dari versi sebelumnya.

Ada beberapa perbaikan yang saya lakukan diantaranya adalah :
  1. Anda tinggal pilih mata pelajaran pada jadwal, jadi tidak perlu di ketik
  2. Ukuran kertas sudah disesuaikan, jasi Anda bisa mencetaknya. Satu kali klik print maka semua kelas sudah tercetak.
  3. Lebih mudah dimengerti dalam penghitungan Jumlah Jam Mengajarnya (saya rasa...)
  4. Lebih mudah dalam penggunaanya (mudah mudahan)
  5. Untuk jam Istirahat, pengembangan diri, upacara, dan pembiasaan maka warna berubah otomatis
  6. dan pastinya saya bagi gratis di sini
Langsung saja bagi sahabat semua, khususnya bagi ibu bapa guru dan juga para OPS SD yang membutuhkan (manawi kaango...) langsung saja unduh di link diatas, gratis.

Disini saya coba jelaskan cara penggunaanya :
  • Pertama, kita isi dulu daftar guru dan daftar mata pelajaran yang berada paling bawah pada sheet pertama, untuk lebih mudah klik saja gambar jari yang menunjuk ke bawah
  • Jam mulai masuk bisa kita atur sesuai sekolah masing-masing.
  • Durasi jam pelajaran dan juga istirahat bisa kita sesuaikan menurut sekolahnya masing-masing
  • Apabila daftar mata pelajaran sudah kita isi maka, mata pelajaran pun tinggal kita pilih, jadi tidak perlu diketik lagi pada jadwal diatas.
  • Di bagian sebelah kanan merupakan bagian pengaturan JJM. Dibagian JJM ini kita tinggal memilih nama-nama guru yang mengajar. Di bagian ini juga mengatur mata palajaran wajib, wajib tambahan dan juga tambahan
  • Kalau mau di cetak tinggal kita cetak/print saja, tapi sebelumnya agar nama sekolah sesuai dengan sekolah anda, maka ganti dulu nama sheet sekolah sesuai sekolah anda.
  • Untuk melihat hasil penghitungan jjm, tinggal anda lihat di sheet HASIL PENGHITUNGAN JJM yang sudah saya link dari sheet pengaturan jadwal dan JJM tadi.
  • Apabila ada yang kurang dimengerti boleh bertanya di komentar.
Saran dan masukan nya sangat saya tunggu karena mungkin masih banyak yang salah di aplikasi tersebut.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS