Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Proses Pergerakan Gerhana Matahari Total


 
Langsung Saja....

 Pergerakan gerhana matahari secara umum ada tiga tahapan:
Pertama : gerhana sabit,
Kedua : gerhana setengah cincin,
dan ketiga : gerhana total.
Namun dibawah ini akan saya jelaskan proses pergerakan gerhana matahari total dari proses awal sampai selesai seperti telah digambarkan dibawah ini.



Keterangan gambar:
Diasumsikan matahari dalam keadaan diam ditempat.
Posisi rembulan berada di depan matahari.
Rembulan berjalan perlahan dari kiri ke kanan.
Posisi kiri dan kanan sesuai petunjuk gambar.

Keterangan Tahapan.
Tahap 1 :
Saat ini rembulan berjalan melintas tepat dari sisi kiri matahari. sehingga sisi kiri matahari tertutup oleh rembulan,  dan pada akhirnya sisi kanan matahari (yang tampak terang) terlihat seperti bulan sabit. tahapan ini disebut fase gerhana sabit. Kalo bingung coba kembali lihat gambar diatas.

Tahap ke 2: 
Rembulan terus berjalan pelan-pelan melintas didepan matahari, saat ini posisi rembulan hampir menutupi keseluruhan wajah matahari, hanya tinggal sedikit wajah matahari yang tampak (terang), ini digambarkan seperti cincin setengah. oleh karena itu tahap ini dinamakan face gerhana setengah cincin.

Tahap ke 3:
Rembulan terus berjalan pelan-pelan, sekarang perjalanan rembulan sudah tepat didepan matahari, sehingga wajah matahari tertutup total, tahap ini dinamakan face gerhana matahari total.

Tahap ke 4:
Tahap keempat ini seperti yang terlihat digambar, rembulan terus maju ke arah kanan sehingga rembulan menutup sisi kanan matahari, dengan demikian sisi kanan matahari jadi gelap dan tentunya sisi kiri matahari (yang tampak terang) telihat seperti setengah cincin. (mirip tahapan nomor 2 cuma dibalik).

Tahap ke 5:
Demikian juga tahap lima ini, rembulan maju terus kekanan melampaui setengahnya matahari. sekarang posisi rembulan menutupi sisi kanan matahari, dengan demikian sisi kanan matahari jadi gelap, dan tentunya sisi kiri matahari (yang tampak terang) terlihat seperti bulan sabit. (mirip tahapan nomor 1 Cuma dibalik).

Masih terus......
tidak sampai disitu saja, rembulan terus berjalan kearah kanan pada akhirnya meninggalkan matahari yang tadi ditutupinya, dengan demikian selesailah sudah apa yang dinamakan gerhana matahari.

Semua tahapan (tahap 1,2,3,4,5) tersebut berlangsung sangat singkat hanya berdurasi sekitar 2 s/d 3 menit.
       
Manakah tahapan yang aman untuk dilihat secara langsung tanpa alat khusus?....
Nah.....dari sekian tahapan yang aman dilihat secara langsung tanpa alat khusus adalah tahap ke 3 yakninya ditahap gerhana matahari total, tapi masalahnya masyarakat pada umumnya termasuk saya, tidak tahu kapan saat mulainya tahap gerhana matahari total dan berapa menit durasinya, kita tidak tahu. Tentu akan tahu dan lebih aman jika didampingi oleh sang ahli.

cara aman melihat gerhana matahari klik disini

Demikian ulasannya, terima kasih
Semoga bermanfaat.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS