Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi Logika IF yang sering digunakan pada aplikasi excel

Fungsi Logika IF yang sering digunakan pada aplikasi excel


Fungsi logika if merupakan fungsi yang ada pada aplikasi excel untuk mencari nilai suatu data sesuai kondisi yang diinginkan. misalkan kita ingin mengetahui nilai yang lebih dari sama dengan 75 maka keterangan LULUS jika kurang dari 75 maka keterangan GAGAL. jika nilai pada sebuah cell bernilai TRUE maka cell yang diisikan rumusnya akan memberikan value LULUS dan jika sebaliknya bernilai FALSE maka cell yang diisikan rumusnya akan memberikan value GAGAL. Intinya penggunaan fungsi logika IF hanya ada dua yaitu TRUE dan FALSE atau BENAR dan SALAH.


Baca Juga : Penggunaan Rumus SUMIF dan COUNTIF pada aplikasi excel

untuk lebih memahami penggunaan fungsi logika IF, lihat gambar berikut :
Gambar penggunaan logika IF
dari gambar diatas tooltips yang dibawah rumus dituliskan :
  • ' IF(logical_test) ' maksudnya adalah harus menetukan dulu logika kondisinya seperti apa. contoh diatas nilai logikanya adalah >=75
  • ' [value_if_true] ' maksudnya adalah jika kondisi logikanya sesuai maka akan diberikan nilai true atau benar, contoh diatas nilai truenya adalah LULUS.
  • ' [value_if_false] ' maksudnya adalah jika kondisi logikanya tidak sesuai maka akan diberikan nilai false atau salah, contoh diatas nilai falsenya adalah GAGAL.


untuk contoh diatas sudah ditentukan bahwa logikanya adalah lebih dari sama dengan 75 (>=75). Lihat cell A2 sampai dengan A8, jika nilai cell tersebut ada yang nilainya lebih dari sama dengan 75 maka keterangan LULUS dan jika ada nilai yang kurang dari 75 maka GAGAL. dapat disimpulkan bahwa dari contoh gambar diatas hampir semuanya LULUS kecuali cell A6 dan cell A8 karena mempunyai nilai yang tidak sesuai dengan kondisi logika yang dibuat.

cukup mudah bukan belajar fungsi logika IF. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS