Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi pembacaan cell dengan LEFT, RIGHT dan MID

Fungsi pembacaan cell dengan LEFT, RIGHT dan MID


Fungsi pembacaan karakter dalam cell merupakan fungsi yang sering digunakan juga untuk membaca karekter sesuai fungsi logika yang dibuat. banyak rumus dalam aplikasi excel yang digunakan untuk mengetahui value, jumlah kata dan lain sebagainya, yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah fungsi pembacaan karakter dalam cell dari sebelah kiri (LEFT), kanan (RIGHT) atau tengah (MID).

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Ilustrasi penggunaan Left, Right, Mid
Baca Juga : fungsi penguncian cell atau absolute pada aplikasi excel

1. Fungsi LEFT
adalah fungsi pembacaan karakter dalam cell dari sebelah kiri. contoh jika dalam cell ada kata KOMPUTER maka pembacaan cell nya dimulai dari sebeleh kiri yaitu hurup K dan seterusnya.

2. Fungsi RIGHT
adalah fungsi pembacaan karakter dalam cell dari sebelah kanan. contoh jika dalam cell ada kata KOMPUTER maka pembacaan cell nya dimulai dari sebeleh kanan yaitu hurup R dan seterusnya.

3. Fungsi MID
adalah fungsi pembacaan karakter dalam cell dari tengah-tengah. contoh jika dalam cell ada kata KOMPUTER dan kita ingin mengambil kata OMPU maka pembacaan cell nya dimulai dari hurup O dan diakhiri hurup U. penggunaan fungsi MID agak sedikit berbeda dalam penulisan rumusnya.

Berikut contoh penggunaan LEFT, RIGHT dan MID :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Contoh penggunaan rumus Left, Right dan MID
dari gambar diatas bisa disimpulkan untuk pembacaan karakter dalam sebuah cell harus menetukan num_chars nya dulu atau jumlah karakter yang mau diambilnya. seperti contoh penggunaan fungsi LEFT, karakter yang diambil dari kata KOMPUTER sebanyak tiga hurup dari sebelah kiri yaitu KOM, maka rumusnya adalah ' =LEFT(A2;3) '. sedangkan untuk mengambil kata UTER dari sebelah kanan sebanyak empat karakter rumusnya adalah ' =RIGHT(A2;4) '. angka 3 dalam fungsi LEFT dan angka 4 dalam fungsi RIGHT adalah jumlah karakter yang akan diambil.

berbeda dengan fungsi LEFT dan RIGHT, fungsi MID harus menentukan dulu awal karakternya ada di posisi keberapa dan menentukan berapa karakter kata yang akan diambil dari posisi awal karakter. dan untuk mempermudah penggunaan fungsi MID, biasanya mimin menggunakan istilah sebagai berikut : "HURUP ke BERAPA dan BERAPA HURUP". contoh gambar diatas akan mengambil kata OMPU maka rumusnya adalah ' =MID(A2;2;4) '. angka 2 diambil karena menentukan hurup O dalam kata KOMPUTER ada di urutan angka 2 dan angka 4 merupakan jumlah kata OMPU.

sekian penjelasan tentang penggunaan rumus excel tentang fungsi pembacaan cell (LEFT, RIGHT, dan MID), begitu mudahkan. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS