Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

mengenal fungsi RAND atau RANDBETWEEN pada aplikasi excel

mengenal fungsi RAND atau RANDBETWEEN pada aplikasi excel

Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi random yang ada pada aplikasi excel. fungsi rumus RAND adalah mengembalikai nilai desimal secara acak, sedangkan fungsi rumus RUNDBETWEEN adalah mengembalikan bilangan bulat. kedua fungsi ini biasanya digunakan untuk mencari nilai random sebuah data integer atau karakter. contoh sederhana yang sering digunakan dalam fungsi ini adalah membuat kode voucher atau membuat nomor undian secara acak.

apa penting belajar fungsi RAND atau RANDBETWEEN?

semua rumus dalam aplikasi excel menurut admin sangatlah penting tergantung kebutuhan dari pengguna aplikasi excel itu sendiri. pentingnya mengetahui fungsi random ini adalah untuk bisa membuat sebuah data atau nilai secara acak dari nilai cell yang sudah ditentukan. seperti yang sudah dibahas diatas, salah satunya pembuatan kode voucher atau nomor undian secara acak.

akan tetapi fungsi RAND dan RANDBETWEEN juga mempunyai kelemehan yaitu terkadang muncul nilai random yang sama pada kolom atau baris yang sudah kita buatkan fungsi randomnya. intinya fungsi ini tidak diperuntukan untuk jumlah data yang lebih besar dari pada nilai random itu sendiri. misalkan jumlah data ada 10 dan fungsi random yang kita buat hanya 1-5 maka kemungkinan besar lima data berikutnya mempunyai nilai yang sama.

Baca Juga : penggunaan rumus index dan match pada aplikasi excel

cara menggunakan fungsi RAND

sebetulnya format penggunaan rumus RAND tidak terlalu sulit, yaitu dengan mengetikan '=RAND( )' pada cell dalam sebuah worksheet, maka akan langsung muncul nilainya. seperti gambar dibawah ini
Gambar penggunaan rumus RAND
nilai yang ada pada cell A1 tentunya berbeda beda ketika dipraktekan karena akan menyesuaikan nilai randomnya secara otomatis. untuk melihat nilai lainya cukup dengan menekan tombol F9 pada keyboard maka nilai dari cell A1 akan berubah-ubah.

cara menggunakan fungsi RANDBETWEEN

penggunaanya tidak jauh berbeda dengan fungsi rumus RAND, yaitu dengan mengetikan RANDBETWEEN pada cell yang kita inginkan dengan menentukan nilai buttom dan top nya. contohnya ketikan '=RANDBETWEEN(1;9 )' pada cell yang diinginkan, maka nilai randomnya akan diacak dengan range angka dari 1 sampai dengan 9. lihat gambar dibawah ini :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus RANDBETWEEN

contoh membuat voucher dengan RANDBETWEEN

contoh dibawah ini adalah contoh membuat sebuah voucher yang diambil dari bulan dan angka RANDBETWEEN 1 s/d 1000. penggabungan bulan dan fungsi RANDBETWEEN menggunakan CONCATENATE. berikut gambarnya :
Gambar membuat voucher dengan RANDBETWEEN

dari gambar diatas sudah bisa dilihat hasilnya pada kolom voucher dengan hasil yang tentunya pasti berbeda-beda. tekan F9 untuk random angka berikutnya.

jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS