Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

4 Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop

Tutorial Ankha | Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop - Mengalami loading pada PC atau laptop tentunya akan membuat kita akan sedikit membuat kita agak rada jengkel, apa lagi saat kita sedang melakukan pekerjaan atau dalam mengerjakan suatu tugas.

Kebiasaan yang terjadi pada laptop dan komputer yang mengalami loading yang lambat yaitu biasanya diakibatkan atas beban kerja pada perangkat tersebut yang bekerja secara berlebihan.

Untuk itu itu Tutorial Ankha akan berbagi tips sederhana yang mungkin dapat membantu kalian dalam menyelesaikan permasalahan yang saat ini kalian hadapi.

Berikut ini beberapa cara mudah dan cepat untuk mengoptimalkan kinerja laptop atau komputer sehingga dapat menghasilkan kinerja yang cepat dan ringan pada saat loading nya.

Cara Mempercepat Loading Komputer/Laptop 

1. Hapus Sampah yang tidak berguna di PC

Jika kalian biasa menghapus file, gambar atau berupa aplikasi lainnya mungkin kalian lupa menghapusnya pada Recycle Bin. Hapuslah File sampah yang ada pada Recycle Bin dikomputer atau laptop kalian.

Selain itu Hapuslah file cache yang berupa penyimpanan history dan data seperti file, gambar, teks, iklan, etc dari sebuah halaman yang pernah kalian kunjungi menggunakan laptop atau komputer kalian dan juga Cokies jika kalian pernah terhubung keinternet.

Untuk menghapusnya hal tersebut kalian dapat menggunakan aplikasi pihak ketika seperti CCleaner atau Super Utilities, walaupun ukuran program ini kecil tapi fungsinya luar biasa, aplikasi tersebut mampu dan dapat menghapus sampah yang tersebumnyi di PC.

Jika kalian ingin menggunakan CCleaner lihatlah terlebih dahulu video dibawah ini bagaimana cara kerja CCleaner



2. Matikan beberapa fitur Start Up

Langkah berikutnya yang dapat kalian lakukan dengan mudah dan cepat yaitu dengan mematikan beberapa fitur start up pada perangkat komputer atau laptop kalian. Dengan mematikan fitur startup yang tidak begitu penting maka ini tentunya juga dapat mempercepat loading Windows pada saat Booting atau pada pertama kali kita menghidupkan komputer.

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard lalu ketikan pada kotak Open  MSCONFIG kemudian Enter/Ok

Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop

  • Selanjutnya akan muncul tampilan System Configuration Klik Menu Service lalu hilangkan semua centang pada Automatic Updates dengan mengklik Disable All

Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop

  • Kemudianpilih menu Start Up lalu hilangkan semua centang pada Start Up kecuali Anti-Virus yang kalian miliki. Kemudian klik Aply and OK
Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop

Setelah hal diatas dilakukan maka diperlukan Restart Windows untuk membuatnya kembali bekerja, kemudian setelah itu ada Messege WIndows dan don't show this message again. kemudian lanjutkan ke optimasi pada Registry WIndows di bawah ini.

3. Optimasi Pada Registry

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan optimasi pada registry windows, adapun cara nya adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol Windows+R lalu ketikan Regedit lalu OK/Enter jika ada peringatan tentang regitery klik Yes
  • Selanjutnya akan muncul Registery Editor seperti gambar berikut
Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop

  • Dari gambar diatas aturlah Registry editornya seperti berikut
HKEY_CURRENT_USER > CONTROL PANEL > DESKTOP >
Cari MENU SHOW DELAY > Doble Klik dan rubah value data menjadi 10
Cari HUNG-UP TIME OUT --> Doble Klik rubah value dataya menjadi 5

HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CONTROLSET001 > CONTROL > WAIT TO KILL SERVICE > 
Rubah Valuenya menjadi 500

HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CONTROL SET002 > CONTROL > WAIT TO KILL SERVICE > 
Rubah Valuenya menjadi 500

HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CURRENT CONTROL Set > COntrol  > SESION MANAGER  > MEMORY MANAGEMENT > DISABLE PAGING EXCecutive 
> Rubah Value data menjadi 1.

4. Optimalkan Viritual Memory

Langkah ke Empat yaitu dengan mengoptimalkan virtual memory pada system operasi windows caranya adalah sebagai berikut :
  • Tekan tombol Windows+R lalu ketikan Control Panel kemudian Ok/Enter
  • Selanjutnya pilih System > Advance > Performance Setting > Pilih Costum  > Centang pada “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian apply.
  • Pada Menu Advance > Viritual Memory > Change > klik pada drive C:\Windows > pilih Costum Size > Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau Anda bisa merubah sesuai keinginan Anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik OK.

Bonus:
5. Pastikan menempatkan laptop tidak di tempat yang lunak

Yang terakhir ini jika kalian menggunakan Laptop jangan pernah kalian menempatkan dibahan yang lunak seperti kasur, bantal boneka ataupun lainnya. Hal seperti ini tentunya juga memperlambat kinerja pada Hardisk kalian dan akan memperlambat system kerja memory tersebut akibat tertutupnya hawa kipas pendingin yang akan keluar dan mengakibatkan panasnya syistem pada laptop.

Selanjutnya coba restar komputer atau laptop kalian dan rasakan perubahannya.

Demikianlah Pembahasan mengenai Cara mudah Mempercepat Loading Komputer/laptop ini  semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam penggunaan Komputer / Laptop dan menyelesaikan permasalahan kalian ini. dan Wassalam..
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS