Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

EXCEL SUM FORMULA

Pada postingan kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan posting yang lalu tentang cara menjumlahkan di excel dengan pembahasan dasar pengenalan yang sederhana dan pada kali ini kita akan belajar sedikit lagi tentang excel sum formula yang fungsinya menemukan total suatu angka pada baris tabel.

Sebelum memulai langkah praktik, alangkah baiknya kita pahami istilah - istilah yang sering muncul dalam penggunaan rumus pada ms excel, diantaranya kata SYNTAX istilah ini sering di pergunakan para pengkoding untuk memanggil fungsi atau menurut saya adalah cara kita menulis kode yang diawali kode perintah pengenalan ( = ) sehingga rumus dapat befungsi karena sudah mengenali perintah dengan adanya tanda (sama dengan), dalam praktik ini kita mengambil contoh sederhana saja, untuk itu silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini atau jika anda punya gaya daftar tabel sendiri silahkan anda pakai asal maksudnya sama dengan praktik.


Tabel diatas adalah contoh daftar penjualan produk, nama produk saya buat simple agar tidak menyangkut identitas suatu perusahaan, 

Fungsi daripada SUM yaitu menemukan total suatu angka, untuk itu lakukan klik pada kolom B15, selanjutnya tuliskan =SUM(D4:D13) pada menu bar letaknya sebelah atas seperti gambar dibawah. fungsi menu bar ialah memudahkan dalam penulisan dan editnya, terakhir tekan enter pada keyboard, maka akan terlihat jumlah total angka.



Keterangan :
  • Kode perintah fungsi adalah =
  • SUM adalah kode pengenalan perintah
  • Buka kurung dan tutup kurung fungsinya membatasi kode SUM agar tidak salah arti.
  • D4 merupakan target cell awal kita menyorot data dan D13 target batas akhir kita menyorot cell data untuk di input total nya.
  • Penggunaan titik dua  adalah sebagai pemisah target cell yang kita sorot.

Anda juga bisa menambahkan tanda $ untuk mengunci cell agar tidak berubah hasilnya, cara penulisan untuk penambahan contoh diatas adalah =SUM($D$4:$D$13)

Nah sampai disini apakah anda ingin tahu kelanjutan tutorial rumus fungsi excel? untuk pembahasan lanjutan rumus excel SUM ke SUMIF anda bisa baca tutorial nya di sini Rumus Sumif Excel, terimakasih semoga bermanfaat.


Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS