Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Cepat dan Mudah Membuat Halaman Cover di Word 2016

Cara Cepat dan Mudah Membuat Halaman Cover di Word 2016Cover atau halaman jilid untuk sebuah karya tulis adalah salah satu harus mendapatkan perhatian. Secara alamiah orang akan tertarik terhadap cover sebuah buku terlebih dahulu, baru akan membuka isinya. Karena cover adalah bagian yang pertama kali terlihat. Ada kalanya desain cover dari sebuah buku sangat menarik, namun ternyata isinya tidak seperti yang diharapkan.

Mungkin itulah sebabnya ada pribahasa yang mengatakan 'do not judge the book by its cover', jangan menilai buku dari covernya. Ini merupakan indikasi bahwa cover sangat dominan menstimulasi seseorang untuk menilai isinya. Bisa saja covernya jelek namun ternyata isinya bagus, atau sebaliknya. Alangkah baiknya bila ktia membuat karya tulis yang sangat bagus dengan cover yang menarik dan menginterpretasikan isi buku.

Dalam bahasan artikel tentang membuat halaman cover ini, menggunakan dua metode yaitu Insert Cover Page dan desain membuat halaman cover sendiri dari nol. Dalam contoh, operator computer menggunakan Microsoft Office Word 2016. Namun demikian masih dapat diaplikasikan di versi yang lainnya, karena pada prinsipnya sama saja.

Membuat Halaman Cover Menggunakan Insert Cover Page

Microsoft Office WOrd 2016 telah memungkinkan Anda untuk membuat halaman cover dengan sangat cepat dan mudah. Diasumsikan Anda sedang menghadapi sebuah halaman Word yang baru dan kosong. Ikuti langkah-langkahnya:
  1. Arahkan kursor ke tab Insert.
  2. Di group Pages, klik Cover Page
    Insert Cover Page
    Insert Cover Page
  3. Alam muncul piihan cover dengan berabagai tema. Jika masih kurang, klik More Cover Pages from Office.com.
  4. Pilih salah satu dengan mengklik cover yang Anda suka. Dalam contoh, saya akan membuat halaman cover makalah yang akan dipresentasikan dan memilih tema Insight 2. 
  5. contoh halaman cover makalah insight 2
    Contoh halaman cover makalah insight 2
  6. Gantilah sesuai dengan kebtuhan Anda [Document title]. Saya menggantinya dengan tema Makalah Office.
  7. Lalu mengganti [Document subtitle]. Saya menggantinya dengan judl makalah. Cara Mudah dan Cepat Membuat Halaman Cover di Word 2016
  8. memasukkan judul cover di document title
    Memasukkan judul cover di document title
  9. Selanjutnya ganti Author dengan nama Anda (Jika dalam keadaan login di Office, maka nama Anda akan langsung muncul).
  10. Ganti juga [Date] dengan memilih tanggal dan [Course tille], contoh saya menggantinya dengan Microsoft Office Word Pemula.
Selesailah membuat halaman cover di Micsosoft Ofice Word 2016. Cepat dan mudah bukan? Silahkan bereksperimen dengan tema cover page lain yang disediakan. Jika ingin menghapus cover pilih klik Remove Current Cover Page di tab Insert, Cover Page atau hapus saja halamannya.

Membuat Halaman Cover Sendiri di Word 2016

Mungkin cover page yang disediakan Office tidak sesuai dengan keinginan, Anda dapat membuatnya sendiri. Yang ini mungkin tidak begitu cepat, tapi mudah kok, tidak sesulit yang dibayangkan pula. Dalam contoh kita akan membuat cover makalah tugas pelajaran, yang terdiri dari judul, subjudul, deskripsi, nama penulis, nomor induk, institusi, dan tahun.

Mengatur halaman dengan Page Setup

Mari kita mulai dengan membuat halaman kosong Word. Sesuaikan setup halaman terlebih dahulu, misalnya: ukuran, orientasi dan margin halaman dengan mengaturnya melalui tab Layout atau dengan Page Setup. Jika Anda perlu, ini cara cepat masuk ke page setup.

Mulai mengetik judul cover

Enter beberapa kali sampai lokasi yang diinginkan. Ketik tema, misalnya MAKALAH. Sesuaikan ukuran, warna dan jenis huruf dengan membloknya (memilih) teks tersebut terlebih dahulu. Menu pengaturannya di tab Home, group Font. Sesuaikan pula perataan atau alignment di group Paragraph. Biasanya menggunakan perataan tengah biar epat gunakan Ctrl + E, atau terserah selera Anda. Jika sudah selesai tekan tombol Enter untuk membuat paragraf baru
Tip: Jika ingin cepat pilih saja Heading 1 atau Title di group Styles. Style dapat di-customize sesuai dengan keinginan Anda untuk dijadikan patokan style selanjutnya.
Bila perlu mengubah style dapat diikuti pada artikel Customize Format Style pada Microsoft Office Word 2007. Dan ini adalah cara menggunakan style.

Lanjut, ketik judul makalah di paragraf baru. Misalnya, Membuat Karya Tulis Dengan Menggunakan Microsoft Office Dalam Satu File Dokumen Word. Sesuaikan tulisannya dengan keinginan, biasanya lebih kecil dari tulisan tema Makalah. Bisa menggunakan style juga. Enter jika sudah, untuk membuat paragraf baru.
Tip: Anda dapat mengatur jarak antar pagragraf dan mengatur batas kiri kanan paragraf pada group Paragraph atau melalui paragraph setting.
Langkah selanjut, membuat deskripsi makalah di paragraf baru. Contoh: Makalah ini membahas tentang cara membuat dokumen dalam satu file halaman dokumen Word. Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran komputer kelas dua belas semester ganjil pada SMK Ilmu Komputer tahun pelajaran 2018-2019.

Akhiri deskripsi dengan tekan tombol Enter, mungkin beberapa kali untuk memberi jarak. Ketik Penulis, lalu Enter untuk membuat baris selanjutya membuat nama. 
membuat cover makalah
Membuat cover makalah

Menggunakan indentasi dan tab stop

Nama, biasanya disejajarkan dengan baris berikutnya yakni Nomor Induk dengan posisi titik dua yang sejajar. Sebaiknya, pastikan menggunakan align left atau rata kiri (cara cepat dengan Ctrl + L). Biar nantinya agak di tengah, majukan left indent ke kanan. Caranya melalui tombol Ctrl + M mungkin sebanyak tiga atau empat kali. Jika dirasa terlalu kanan kembalikan left indent ke kiri dengan Ctrl + Shift + M. Menggunakan shortcut key ini memang sangat efisien dalam bekerja, ini adalah shortcut key yang sering digunakan di Word, mungkin berguna untuk Anda.

Sebelum mengetik 'Nama' sebaiknya atur dulu tabulasi, agar titik dua bisa sejajar dengan 'Nomor Induk'. Diasumsikan left indent berada di posisi 5,08 cm. Buatlah tab stop untuk titik dua dan jarak terhadap pengetikan nama penyusun sejajar.
Tip: Pastikan tab ikon berbentuk siku seperti L di sebelah pokok kiri ruller untuk tab kiri. 
Klik di ruller pada posisi 8 cm, tanda tab stop kiri akan muncul di ruller. Klik sekali lagi pada posisi 9 cm di ruller. Gunakan shortcut key Ctrl + T dua kali untuk memindahkan hanging indent ke posisi sejajar tab stop kedua.
Tip: Memindahkan hanging indent ke tab stop kedua ini, tujuannya untuk mengantisipasi jika lebih dari satu baris, teks di baris kedua agar mengikuti tab stop kedua.
cover dengan pengaturan tab stop
Contoh cover dengan pengaturan indentasi dan tab stop
Setelah menentukan tab stop, ketik Nama, lalu tekan tombol keyboard Tab, ketik titik dua, tekan tombol Tab, lalu ketik nama penyusun. Misalkan, Heru Cahaya. Sekarang akan terlihat ketikan Nama, titik dua dan nama penulis jaraknya sama dengan tab stop yang telah ditentukan.
Gambar cover dengan mengetik dalam paragraf menggunakan tab stop

Jika ingin mendalami lebih jauh lagi tentang indentasi dan tabulasi dapat dilihat pada artikel Cara Cepat Mengatur Batas Ketikan Kiri Dan Kanan Word 2016 dan Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab. Contoh penggunaan tab juga biasanya untuk membuat daftar isi. 

Copy format paragraf

Enter untuk membuat Nomor Induk. Biasanya tab stop langsung menyesuaikan dengan baris paragraf sebelumnya. Namun jika terjadi tab stop tidak ada atau tidak seperti paragraf sebelumnya gunakan saja copy format paragraf dengan format painter. Atau menggunakan shortcut key pada paragraf yang ingin di-copy format gunakan Ctrl + Shift + C. Lalu di parafraf yang akan disamakan copy format-nya (paragraf lain yang baru) gunakan Ctrl + Shift + V. Paragraf baru yang telah di-copy format akan sama tab stop dan indentasinya.

Lakukan pengetikan Nomor Induk seperti pada pengetikan nama diikuti penggunaan tab. Akhiri dengan tekan tombol Enter beberapa kali untuk membuat baris institusi dan tahun disesuaikan kebutuhan.
cover dengan titik dua sejajar setiap baris menggunakan tab stop
Contoh cover dengan titik dua sejajar setiap baris menggunakan tab stop

Insert gambar, border dan background

Ada kalanya Anda membuat halaman cover di Word ini mengingikan tidak hanya berisikan teks saja. Mungkin Anda ingin membuat desain cover yang lebih menarik dengan variasi menambahkan gambar, background atau border. Silahkan berkreasi sesuai dengan imajinasi.
contoh cover makalah dengan desain sendiri
Contoh cover makalah dengan desain sendiri

Mungkin artikel berikut dapat dijadikan referensi untuk memperindah halaman cover Anda:
  • Insert Background Halaman MS Word 2010
  • Mempercantik Halaman dengan Page Border di Ms Word
  • Mempercantik Halaman dengan Image Border di MS Word 2010

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://support.office.com/en-us/word 

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS