Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab

Meratakan Ketikan MS Word dengan Format TabMengatur letak tab untuk meratakan ketikan di MS Word 2010 hanya dengan mengklik bagian penggaris memanjang atau ruler horizontal.

Cara cepat meratakan ketikan dengan format tab ini berlaku juga di MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Dalam tutorial ini iOu! mengerjakannya menggunakan MS Word 2010.

Untuk apa mengatur format tab?

Format tab berguna untuk meratakan jarak spasi antar kata tertentu dengan kata berikutnya. Jika tombol keyboard tab ditekan maka kursor akan bergerak (loncat) pada letak symbol tab. Dan pada baris berikutnya akan ditemukan hal yang sama sehingga jarak spasi akan rata. Setting format tab biasanya dilakukan pada pengetikan membuat daftar isi dengan format tab. Atau mengetik titik dua sejajar untuk keterangan waktu dan tempat pelaksanaan suatu acara dalam surat undangan, atau biodata pada sebuah surat keterangan.

Jenis format tab terdiri dari tab kiri, tengah, kanan dan decimal.
Contoh, kita akan membuat ketikan dengan format berikut:
Contoh sebelum menggunakan tab
Contoh halaman sebelum menggunakan tab

Dari gambar contoh diatas, terlihat hanya baris-baris paragraf biasa padahal seharusnya ada jarak dari Nama ke titik dua “:” lalu ke ketikan isian nama, begitupun dengan baris berikutnya. Karena dalam contoh isi baris-baris yang akan diatur tab-nya sudah diketik. Agar semua baris terpasang format tab yang sama, lakukan pemilihan secara bersamaan baris-baris yang dimaksud.
Tip: Jika belum diketik langsung saja lakukan pengaturan tab pada baris paragraf (tempat cursor berada).
  • Pastikan pilih terlebih dahulu symbol tab yang akan digunakan. Symbol tab ini terletak di pojok kiri atas antara ruler horizontal dan vertikal. Misalnya, menggunakan tab kiri. Jika ingin beralih ke bentuk tab tengah, kanan atau decimal lakukan klik berulang –sampai pada symbol tab yang diinginkan – di kotak symbol tab tersebut
  • Pada bagian ruler horizontal, klik di titik yang diinginkan. Lakukanlah hal yang sama untuk titik tab berikutnya.

Tip: Jika ingin berbeda tab, ubah dahulu symbol tab lalu klik pada titik yang diinginkan.
Pada contoh membuat tab kiri di titik 4,5 cm untuk letak titik dua “:” dan pada titik 5,5 untuk letak tab pengisian nama. (Semua baris yang ingin tab-nya sama dalam keadaan terpilih). Jadi titik duanya rata jika dilihat secara vertikal.

Contoh mengatur tab kiri
Contoh pengaturan tab

Langkah berikutnya, [mengikuti contoh]:

  • Letakkan cursor di belakang titik dua “:”, lalu tekan tombol tab keyboard. 
  • Letakkan cursor di belakang isian nama lalu tekan tombol tab. 
  • Lakukan hal yang sama untuk baris berikutnya.


Contoh setelah menggunakan tab
Contoh halaman setelah pengaturan tab

Lihatlah hasilnya, semua baris yang telah diatur tab-nya memiliki jarak spasi tab yang sama.
Tip: Jika ingin membuang format tab dengan cepat, klik pada symbol tab yang terpasang di horizontal ruler tahan lalu buang ke bagian lembar pengetikan.

Untuk penggunaan jenis tab lainnya seperti tab tengah, kanan dan decimal pada prinsipnya sama. Jika ingin mengatur format tab lebih lanjut, lakukan dengan membuka dialog box tab. Contohnya, ada pada tutorial membuat daftar isi dengan format tab pada MS Office Word 2010.

Cara cepat meratakan ketikan MS Word dengan format tab ini pastilah bukan hal yang asing dan merupakan hal yang biasa dilakukan. Tentunya sobat-sobat sudah pada tahu dan lebih jago menggunakan tab ini. Tapi iOu! hanya ingin mengisi posting blog saja.

Formatting tab ini dapat di-copy untuk paragraf yang lain sehingga formatnya sama, untuk lebih jelas ikuti posting ini cara cepat mengatur paragraf dengan copy format ms word.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://support.office.com/en-us/word
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS