Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi penguncian cell atau absolute pada aplikasi excel

fungsi penguncian cell atau absolute pada aplikasi excel


Salah satu fungsi dalam aplikasi excel yang sering digunakan adalah Absolute. absulute merupakan fungsi penggunaan rumus dalam microsoft excel untuk mengunci cell atau range. maksud penguncian disini adalah setiap cell atau range yang diberikan absolute nilainya tetap atau tidak berubah. Simbol absolute dalam aplikasi excel adalah ' $ ' (dolar). Penggunaan rumus absolute dibagi menjadi dua jenis absolute :


Baca Juga : pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part3

1. Absolute Murni
Absolute Murni adalah jenis penguncian cell atau range secara penuh untuk kolom dan baris. Contoh jika di rumus excel menuliskan ' $B$2 ' artinya simbol ' $ ' didepan hurup B (yang mewakili kolom) dan didepan angka 2 (yang mewakili baris) yang diketikan dalam sebuah cell, maka cell merupakan cell dengan absolute murni.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan absolute murni
jika dilihat dari gambar diatas rumus ' =A3*$B$2 'maka cell B2 (yang berwarna merah) adalah cell dengan efek penguncian kolom dan baris. sehingga ketika di Drag cell B3 ke bawah maka nilai B2 akan tetap yaitu 2.500 tetapi cell A3 sampai cell A12 akan berubah ubah sesuai posisi baris.

2. Semi Absolute
Semi absolute adalah jenis penguncian cell atau range dengan penentuan penguncian cell pada kolom saja atau baris saja. Contoh jika di rumus excel menuliskan ' $B1 ' (penguncian cell ada pada kolom) atau ' B$1 ' (penguncian cell ada pada baris) maka cell tersbut terdapat rumus semi absolute.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan semi absolute
jika dilihat dari gambar diatas rumus ' =B$1*$A2 ' maka cell B1 (yang berwarna biru) adalah cell dengan efek penguncian BARIS 1 dan cell A2 (yang berwarna merah) adalah cell dengan efek penguncian KOLOM A. artinya BARIS 1 dan KOLOM A nilai nya sudah dikunci sehinggan ketika di Drag cell B2 ke samping kanan atau kebawah akan mendapatkan nilai perkalian sesuai angka tetapnya.

Next Artikel Lanjutannya .jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS