Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part6

pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part6

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar group ribbon number
Artikel ini adalah artikel lanjutan dari lima artikel sebelumnya tentang pemahaman mendasar penggunaan aplikasi excel. dalam part-6 ini akan dibahas tentang penggunaan group ribbon Number pada menu home. group ribbon ini biasanya berkaitan dengan pengolahan data atau nilai pada sebuah cell atau range untuk merubah format nilai seperti angka atau teks.


apa yang sering digunakan pada group ribbon number?

fitur pada group ribbon ini yang sering digunakan adalah format nilai angka. seperti comma style dan accounting number format. berikut paparan fungsi dari tombol-tombol yang ada pada group ribbon number :
  • Number Format : memilih format untuk cell atau range yang sedang aktif, seperti merubah format umum atau general menjadi persen, mata uang, tanggal, waktu, angka dan banyak lagi.
    • Accounting Number Format : merubah nilai pada cell atau range menjadi format mata uang yang diinginkan. format mata uang yang ada adalam format mata uang yang ada di dunia termasuk format mata uang rupiah (Rp.)
    • Percent Style : merubah nilai pada cell atau range menjadi persen (%)
    • Comma Style : memberikan format style untuk angka. contoh nya jika dalam cell terdapat nilai angka sepert "2000" maka jika menggunakan comma style akan berubah menjadi ""2.000". penggunaan simbol titil "." atau simbol "," untuk style angka berbeda-beda setiap negara dan tergantung juga dari settingan komputer masing-masing. jika negara indonesia tentu comma stylenya menggunakan titik "."
    • Increase Decimal : untuk menampilkan angka desimal dibelakang koma.
    • Decrease Decimal : untuk menyembunyikan angka desimal dibelakang koma.

    Baca Juga : jenis paste pada aplikasi excel dan penggunaan paste atau paste spesial pada aplikasi excel

    contoh penggunaan tombol yang ada pada group ribbon number

    sebetulnya penggunaan fitur pada group ribbon number sama saja dengan fitur-fitur lainnya pada aplikasi excel. cukup dengan memilih cell atau range yang mau dirubah formatnya lalu pilih tombol pada group ribbon number yang akan digunakan sesuai kebutuhan. lihat gambar dibawah ini :
    http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
    Gambar kolom harga dengan format standar
    perhatikan gambar diatas pada kolom harga penggunaan format untuk angka masih format standar. hal ini jika tidak dirubah dengan format comma style akan membingungkan orang yang membaca harga dari merk mobil tersebut. bisa saja orang yang membaca bahwa merk mobil toyota harganya 18 juta, 180 juta atau 18 miliar. oleh karena itu, ubah format standar angkanya dengan comma style. caranya blok range " C2:C6 " kemudian di menu home pilih comma style yang ada pada group ribbon number. sehingg tampilannya menjadi sebagai berikut :
    http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
    Gambar kolom harga dengan format tampilan comma style
    sekian paparan tentang pemahaman mendasar part-6 pada aplikasi excel. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

    salam belajar microsoft excel :)
    Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
    Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
    , Ikuti Paket Ujian Saja

    Klik Disini

    PROGRAM KURSUS MASUK DESA
    LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
    KLIK DISINI

    SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

    TANGGAPAN PESERTA KURSUS