Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Penggunaan Rumus SUMIF dan COUNTIF pada aplikasi excel

Penggunaan Rumus SUMIF dan COUNTIF pada aplikasi excel

Sebelumnya sudah dibahas dalam artikel MENGENAL RUMUS STATISTIK tentang fungsi SUM dan fungsi COUNT. akan tetapi aplikasi microsoft excel mempunyai rumus tetang statistik yang digabungkan dengan fungsi logika yaitu SUMIF dan COUNTIF.

SUMIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung total nilai sesuai kondisi tertentu. sedangkan COUNTIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung jumlah nilai sesuai kondisi tertentu.

Baca Juga : Fungsi pembacaan cell dengan LEFT, RIGHT dan MID

untuk mempermudah pemahaman fungsi SUMIF dan COUNTIF lihat gambar dibawah ini :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus SUMIF di excel

dari gambar diatas penggunaan rumus SUMIF harus mengetahui terlebih dahulu range yang akan dijadikan sebagai kriteria dan range yang akan dicari nilai totalnya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru) sebagai range (B2:B11) adalah untuk mencari kriteria sesuai wilayah dan kolom OMSET (yang berwarna merah) sebagai range (C2:C11) adalah untuk mencari total nilai sesuai wilayah. maka rumus ' =SUMIF(B2:B11;"JABAR";C2:C11) ' adalah rumus untuk mengetahui total nilai omset wilayah JABAR.

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus COUNTIF di excel
dari gambar diatas penggunaan rumus COUNTIF harus mengetahui range yang akan dijadikan sebagai kriterianya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru) sebagai range (B2:B11) untuk mencari kriteria sesuai wilayah. maka rumus ' =COUNTIF(B2:B11;"JABAR") ' adalah rumus untuk mengetahui jumlah wilayah JABAR dan hasilnya ketika di enter maka akan muncul angka 4.

cukup mudahkan membedakan fungsi SUMIF dan COUNTIF dalam aplikasi excel.. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS