Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Import Excel BIOS UN


Klik >>DOWNLOAD<< untuk materi lengkapnya.

Informasi ini khusus buat anda yang bergelut di dunia pendidikan, khususnya bagi guru kelas 6 atau operator sekolah.

Cara Import Excel BIOS UN

Permasalahan ini memang agak sedikit rumit, mengingat aplikasinya yang masih sedikit terbatas. BIOS UN biasanya dikerjakan di awal semester 2. Para Operator Sekolah harus menginput dasa siswa kelas 6 kedalam aplikasi. Yang menjadi sulit, jika harus manual maka data siswa tidak bisa dimasukan langsung semuanya. Tapi tiap siswa satu persatu, mulai dari nama, tempat tanggal lahir dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi Cara Import Excel BIOS Pendataan Aplikasi Ujian Nasional dengan cara Import format Excel. Dengan Input data menggunakan cara Import File Excel nantinya akan lebih mudah daripada kita input data satu-persatu langsung dalam Aplikasi, karena dengan cara Import format Excel maka kita bisa langsung copy paste dari data apapun ataupun dari data Export Excel Dapodik dengan mudah. Nah untuk itu maka ikuti saja cara-caranya dibawah ini:
A. Langkah pengisian data format excel :
  1. Buka BIOS UN (Aplikasi Pendataan Ujian Nasional)
  2. Klik Export/Import
  3. Pilih Sekolah
  4. Klik Buat Format Excel, (atau kalau ternyata file excel-nya tidak bisa di edit, download saja yang ini klik DISINI)
  5. Sementara tinggalkan Aplikasi, setelah anda download format excel-nya maka isilah kolom: paralel, absen, nisn, no_induk, nm_pes (nama peserta), tmp_lhr (tempat lahir), tgl_lhr(tanggal lahir), sex (jenis kelamin), nm_ortu (nama orang tua), alamat_1, alamat_2, kd_pos, kurikulum, kd_agama, kd_kerja1 (pekerjaan ayah), kd_kerja2 (pekerjaan Ibu), kd_hobi (hobi anak), kd_cita (cita-cita anak), kd_didik1 (pendidikan ayah), kd_didik2 (pendidikan ibu), kd_gaji (penghasilan orang tua), kd_jarak, kd_trans, dan jm_saudara (jumlah saudara kandung. Yang lainnya tidak perlu diisi.
  6. Kolom yang ada nama "kd_" berarti mengisinya menggunakan pilihan A, B, C dst kecuali kd_pos=kode pos. Untuk melihat apa A, B, C tersebut bisa dilihat dalam Aplikasi.
  7. Apabila format excel sudah selesai diisi dengan benar, maka Save As dengan format "Microsoft Excel 5.0/95 Workbook" dan simpan dulu dimana saja atau bisa langsung disimpan dalam folder biodata.
B. Setelah selesai mengisi data dalam format excel, sekarang kembali ke Aplikasi Pendataan UN:
  1. Klik Export/Import
  2. Jangan lupa pilih Sekolah
  3. Kemudian pilih "Proses Import Excel"
  4. Klik Proses – klik Ignore – Klik OK
  5. Klik Proses lagi, (nah.. perhatikan nama seperti pada gambar) – klik OK – klik Ignore – klik OK
  6. Maka nantinya akan ada file DBF di folder biodata.
  7. Masukkan file excel yang telah kita simpan tadi ke dalam folder biodata kemudian ganti nama file excel tersebut dengan nama yang sama dengan file dbf yang ada disana. (contoh: jika ada file BIO16_0235082D.DBF maka excel tersebut juga harus diganti menjadi BIO16_0235082D, yang penting sebelumnya anda jangan sampai salah pilih sekolah, jika salah pilih sekolah maka nama file dbf juga beda dan bisa-bisa data siswa akan terdaftar di sekolah lain)
  8. Setelah file excel namanya diganti (rename), maka hapus saja file DBF-nya (tidak juga sebenarnya tidak apa-apa, hanya agar yakin saja)
  9. Selanjutnya kembali lagi ke BIOS UN
  10. Pilih Export/Import
  11. Pilih Sekolah
  12. Pilih Import Excel
  13. Klik Proses.
  14. Jika data yang dimasukan benar maka import akan sukses. Jika ada warning atau gagal maka perbaiki dulu pengisian data-data nya
Untuk pembahasan ini yang dilengkapi gambar, silahkan klik link DOWNLOAD di atas.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS