Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

penggunaan rumus index dan match pada aplikasi excel

penggunaan rumus index dan match pada aplikasi excel

Rumus yang ada pada aplikasi excel mempunyai banyak fungsi yang hampir sama setiap rumusnya. akan tetapi rumus yang digunakan dalam menyelesaikan masalah pembuatan laporan harus sesuai kebutuhan dengan rumus yang digunakan. seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu penggunaan rumus index dan match yang sebenarnya hampir mirip dengan penggunaan rumus vlookup dan hlookup.

apa itu index?

rumus index pada aplikasi excel adalah rumus yang berfungsi untuk mencari nilai index pada sebuah range atau tabel, maksudnya dalam sebuah range atau tabel fungsi ini bisa menemukan data yang diinginkan sesuai nilai kolom dan nilai barisnya.

Baca Juga : membuat grafik atau chart dengan mudah pada aplikasi excel

apa itu match?

rumus match pada aplikasi excel adalah rumus yang berfungsi untuk mencocokan nilai dari cell atau range yang mau dicari nilai yang samanya. biasanya rumus match ini lebih kepada penggunaan rumus yang sifatnya conditional (jika nilainya sama maka diberikan nilai truenya).

kenapa harus belajar fungsi index dan match?

yang akan kita pelajari kali ini adalah penggabungan fungsi index dan match untuk mengetahui sebuah nilai yang sudah ditentukan dan harus sesuai dengan tabel kebenarannya. berikut dibawah ini contoh tabel kebenarannya :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar contoh tabel kebenaran
dari gambar diatas tabel tersebut akan digunakan sebagai tabel master untuk tabel transaksi seperti dibawah ini :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar tabel transaksi yang disesuaikan dengan tabel master

cara penggunaan fungsi index dan match dari contoh diatas

lihat gambar tabel transaksi diatas untuk kolom Harga, terdapat nilai (1.000, 2.000, 10.000, dan 40.000). nilai tersebut didapat dari rumus index di gabung dengan rumus match. 
  • rumus index berfungsi untuk mengambil nilai dari tabel kebenaran sedangkan 
  • rumus match berfungsi untuk mencocokkan nilai dari kolom Kode Barang dan Jenis Barang yang disesuaikan dengan tabel kebenaran.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus index dan match

dari gambar rumus index dan match diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan index dan match akan menghasilkan nilai yang sesuai kriteria dengan kolom Kode Barang dan kolom Jenis Barang. seperti contoh di atas cell C2 mendapatkan nilai 1.000 karena dalam tabel master sebelahnya posisi nilai 1.000 ada pada pertemuan kolom K001 dan Minuman.

jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS