Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Microsoft Office | 7 Tips Dasar Mudah Mengoperasikan Excel

Di postingan ini akan saya jelaskan 7 kiat dan trik Excel. 7 Kiat ini adalah cara pintasan keyboard Excel yang paling berguna, yang akan membantu Anda bekerja lebih efektif dan efisien di Excel.

Jika Anda meluangkan waktu beberapa menit saja untuk mempelajari tips dan trik ini. Maka diwaktu yang akan datang Anda dapat menghemat waktu saat mengembangkan Excel. Dalam waktu singkat, anda akan mahir menggunakan program Excel ini.



#1. Cara memasukkan Baris Baru di dalam Sel Excel
Untuk menyisipkan baris baru saat mengedit sel Excel, cukup tekan Alt + Enter.



Tekan tombol Alt, tahan kemudian tekan tombol Enter secara bersamaan.

#2. Freeze rows atau freeze kolom pada Excel:

Freeze panes adalah sebuah fitur pada Excel yang digunakan untuk membekukan row atau membekukan kolom.

Untuk membekukan(freeze) satu atau beberapa baris data pada bagian atas(top), silahkan pilih baris yang ingin Anda batasi. Kemudian, pilih Freeze Panes dari tab View.

Berikut ini langkah lebih lanjut mengenai Freeze:
  • Untuk membekukan kolom di sebelah kiri spreadsheet Anda, Pilih kolom di sebelah kanan kolom yang ingin Anda batasi dan kemudian pilih opsi Freeze Panes.
  • Untuk membekukan baris di bagian atas dan kolom di sebelah kiri spreadsheet Anda, Pilih sel di bawah dan di sebelah kanan baris dan kolom yang ingin Anda batasi dan kemudian pilih opsi Freeze Panes.
  • Untuk mencairkan/meleburkan baris atau kolom dalam spreadsheet, pilih Freeze Panes Unfreeze Panes.



#3. Cara melihat Dua Lembar Buku Kerja(sheet) secara bersamaan

Jika Anda ingin melihat lebih dari satu halaman buku kerja, Anda dapat menggunakan opsi "Jendela Baru", dari tab View. Lihat gambar di bawah :

Cara ini bermanfaat buat Anda agar bisa melihat lembar kerja yang berbeda dari buku kerja yang sama sekaligus.

Perhatikan bahwa kedua jendela hanya menyediakan dua tampilan buku kerja yang sama. Karena itu, setiap perubahan yang dilakukan dalam satu jendela akan langsung diupdate di jendela kedua.

Pelajari juga :Mengenal Fungsi Excel 2007 Lebih Lanjut

Cara terbaik untuk mengatur dua jendela adalah dengan menggunakan perintah 'Arrange' Excel (juga terletak di tab View). Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengukur jendela secara manual.

Dua jendela terbuka untuk satu file Excel itu jauh lebih mudah daripada harus berulang kali beralih di antara lembar kerja dalam satu jendela.

#4. Gunakan Zoom untuk melihat Lembar Kerja



Jika Anda menggunakan Zoom Excel untuk melihat lembar kerja pada tingkat zoom kurang dari 40%, maka Excel secara otomatis menampilkan semua tampilan sesuai dengan range normal.

Cara ini memudahkan Anda memeriksa semua range Anda pada Excel.

#5. Gunakan F4 untuk Referensi Relatif dan Mutlak

Jika Anda mengetikkan referensi sederhana pada sel Anda (misalnya A1) dan kemudian Anda ingin mengubahnya menjadi referensi relatif, sementara sel Anda masih dalam mode edit, cukup tekan f4.

Ini akan mengubah referensi Anda dari A1 menjadi $ A $ 1. Berulang kali menekan tombol f4 akan mengarahkan referensi Anda melalui 4 kombinasi referensi absolut dan relatif yang berbeda-beda:
A1
$A$1
A$1
$A1

#6. Gunakan CTRL-PageDown dan CTRL-PageUp to Cycle Through Worksheets

Untuk beralih ke lembar kerja berikutnya di buku kerja Anda, cukup gunakan Ctrl + PageDown. Caranya yaitu tekan tombol Ctrl, tahan kemudian tekan tombol PageDown secara bersamaan.

Untuk beralih ke lembar kerja sebelumnya di buku kerja Anda, gunakan Ctrl + PageUp

#7. Menyalin Fungsi ke Deretan Lainnya

Jika Anda ingin menyalin fungsi ke baris lebih lanjut, ada beberapa cara untuk melakukannya:
  • Gunakan fiil handle Fiil Handle adalah kotak kecil di kanan bawah sel yang dipilih atau range sel yang dipilih. Gunakan cara ini untuk menyalin fungsi ke baris lainnya dengan: Memilih fiil handle menggunakan mouse lalu menyeretnya ke baris lebih lanjut.atau Memilih fiil handle menggunakan mouse lalu klik dua kali pada tombol kiri mouse.
  • Gunakan CTRL-D untuk meng-Copy Menekan Ctrl + D untuk menyalin data ke bawah.Jika satu sel atau sel dalam satu baris dipilih, maka Ctrl-D akan menyalin isinya dari baris range atas ke baris range yang dipilih. Jika sel lebih dari satu baris dipilih, maka Ctrl-D akan menyalin isinya dari baris range atas ke semua baris range lain yang dipilih. Oleh karena itu, untuk menyalin fungsi ke baris lainnya dalam spreadsheet. Pilihlah rentang yang ingin Anda salin termasuk sel asli yang akan disalin lalu tekan Ctrl-D
  • Gunakan Copy & Paste Perintah copy dan paste dapat dilakukan dengan cara pintas berikut: Ctrl + C menyalin sel yang Anda pilih. Ctrl + V menyisipkan sel atau mempaste sel pada tempat yang Anda pilih. Oleh karena itu, untuk menyalin fungsi ke baris lainnya di spreadsheet, pertama tekan Ctrl-C  lalu pilih sel yang ingin Anda salin/copy, kemudian tekan Ctrl-V di tempat yang Anda inginkan.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS