Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi Dcount Untuk Menghitung Jumlah Cell Pada Excel

Didalam excel terdapat beberapa fungsi yang berguna untuk kita gunakan dalam membuat database. Contohnya seperti fungsi Daverage, fungsi Dcount, fungsi Dget, fungsi Dmax, dan fungsi Dsum. Khusus di postingan ini saya akan membahas mengenai fungsi Dcount beserta contoh penggunaan'nya. 

Fungsi Dcount merupakan sebuah fungsi database pada excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung cell-cell yang berisi angka dalam kolom rekaman dari daftaran atau database yang cocok dengan syarat yang sudah kita tentukan sendiri. 

Cara menggunakan fungsi Dcount yaitu dengan rumus seperti ini =DCOUNT(database,field,criteria)

Keterangan rumus diatas adalah sebagai berikut:
  • Database adalah rentang cell yang membentuk daftar atau database. Database juga bisa disebut daftaran dari data yang terkait dimana baris-baris informasi terkait adalah rekaman, dan kolom-kolom data adalah bidang. Baris pertama daftar tersebut berisi label untuk masing-masing kolom.
  • Field menunjukan kolom yang digunakan dalam fungsi tersebut. Masukan label kolom yang dimasukan diantara dua tanda kutip ganda seperti "Umur" atau "Hasil", atau angka (tanpa tanda kutip) yang menyatakan fungsi kolom dalam daftar seperti, 1 untuk kolom pertama, 2 untuk kolom kedua dan seterusnya.
  • Criteria adalah rentang cell berisi syarat yang anda tentukan sendiri. Anda dapat menggunakan rentang untuk argumen kriteria, selama meliputi setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu cell dibawah label kolom, dimana anda menentukan kodisi untuk kolom tersebut.
Fungsi Dcount memiliki ketentuan sebagai berikut:
  • Pastikan bahwa rentang kriteria tidak tumpang tindih dengan daftar.
  • Untuk melakukan operasi diseluruh kolom dalam suatu database/daftaran, masukan baris kosong dibawah label kolom dalam rentang kriteria tersebut.
  • Anda dapat menggunakan rentang apa saja untuk argumen kriteria, selama meliputi setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu cell dibawah label kolom, dimana anda menentukan kondisi tersebut.
  • Sebagai contoh jika rentang G1:G2 berisi label kolom pendapatan dalam G1 dan jumlah $10.000 di G2, anda dapat menetapkan rentang tersebut sebagai "Matchincome" dan menggunakan nama itu sebagai argumen kriteria dalam fungsi tersebut.
  • Meskipun rentang kriteria dapat ditempatkan dimanapun pada lembar kerja, tapi jang tempatkan rentang kriteria dibawah daftar tersebut. Jika anda menambahkan lebih banyak informasi ke daftar, informasi baru itu ditambahkan  ke baris pertama dibawah daftar tersebut. Jika baris dibawah daftar tersebut tidak kosong, Microsoft Excel anda tidak dapat menambahkan informasi baru.
contoh_fungsi_dcount_excel

Terlihat pada gambar, bahwa pada fungsi Dcount dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai kriteria sehingga didapatkan hasil bahwa Philip itu ada 2 cell.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai Fungsi Dcount Untuk Menghitung Berapa Jumlah Cell Pada Excel. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS