Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi Daverage Excel Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata

Pada excel terdapat beberapa fungsi yang berguna untuk kita gunakan dalam membuat database. Contohnya seperti fungsi Daverage, fungsi Dcount, fungsi Dget, fungsi Dmax, dan fungsi Dsum. Khusus di postingan ini saya akan membahas fungsi Daverage beserta contoh penggunaan'nya.

Fungsi Daverage merupakan sebuah fungsi database yang bisa kita gunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kolom yang telah kita buat dalam suatu database sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan.

Point-point untuk menggunakan fungsi Daverage diantaranya sebagai berikut:
  • Dapat digunakan menggunakan rentang apa saja untuk argumen kriteria selama meliputi setidaknya satu label kolom dan satu cell di bawah label kolom.
  • Sebagai contoh, jika rentang G1:G2 berisi label kolom "pendapatan" dalam G1 dan jumlah 10.000 di G2, maka anda dapat menetapkan rentang tersebut sebagai "MatchIncome" dan menggunakan nama itu sebagai argumen kriteria dalam fungsi Database.
  • Meskipun rentang kriteria dapat kita tempatkan dimanapun pada worksheet/lembar kerja, tapi jangan tempatkan rentang kriteria di bawah daftaran tersebut. Jika menambahkan lebih banyak informasi ke daftar, harusnya informasi baru tersebut ditambahkan ke-baris pertama dibawah daftaran tersebut. Tetapi jika baris di bawah daftar tersebut tidak kosong, maka Excel tidak dapat menambahkan informasi tersebut.
  • Pastikan rentang kriteria tidak ada yang tumpang tindih dengan daftar.
  • Untuk melakukan operasi di seluruh kolom pada suatu database, masukan baris kosong dibawah label kolom dalam rentang kriteria tersebut.

Cara menggunakan fungsi Daverage yaitu dengan rumus seperti ini =DAVERAGE(Database,Field,Criteria)

Keterangan rumus Daverage diatas adalah sebagai berikut:
  • Database adalah rentang cell yang membentuk daftar atau database. Database juga bisa disebut daftaran dari data yang terkait dimana baris-baris informasi terkait adalah rekaman dan kolom-kolom data adalah bidang. Baris pertama daftar tersebut berisi label untuk masing-masing kolom.
  • Field menunjukan kolom yang digunakan dalam fungsi tersebut. Masukan label kolom yang dimasukan diantara dua tanda kutip ganda seperti "Umur" atau "Hasil", atau angka (tanpa tanda kutip) yang menyatakan fungsi kolom dalam daftar seperti, 1 untuk kolom pertama, 2 untuk kolom kedua dan seterusnya.
  • Criteria adalah rentang cell berisi syarat yang anda tentukan sendiri. Anda dapat menggunakan rentang untuk argumen kriteria, selama meliputi setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu cell dibawah label kolom, dimana anda menentukan kodisi untuk kolom tersebut.
contoh_fungsi_daverage_excel

Terlihat pada gambar, bahwa dengan menggunakan Daverage, dapat mencari rata-rata dari suatu nilai tertentu yang telah digunakan. Seperti terlihat pada gambar diatas, Daverage digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari penjualan merk Philip dan didapatkan hasil dengan nilai Rp.29,000.00. 

Demikianlah tadi pembahasan mengenai Fungsi Daverage Mencari Nilai Rata-Rata Pada Excel. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS