Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Jenis Perangkat Output Komputer Terbaru dan Kegunaanya

Tutorial Ankha | Dalam Postingan kali ini admin Tutorial Ankha akan menshare  mengenai Jenis Perangkat Output Komputer Terbaru dan Kegunaanya. Dimana Perangkat Output Komputer merupakan sebuah Perangkat Keluaran atau Output yang berfungsi untuk mengkomunikasikan hasil pengelolahan yang di proses oleh komputer untuk user atau pengguna. 

Dan dari hasil pengolahan tersebut biasanya seperti vidio suara, gambar, huruf/angka yang akan menghasilkan informasi yang mudah di lihat, dibaca, di dengar, serta mudah untuk dipahami. 

Untuk mengenali apa saja komponen output komputer tersebut ? berikut merupakan rangkumkan artikel untuk menambahkan wawasan kalian mengenai Output komputer ini. 

Perangkat Keluaran Komputer

1. Monitor
Jenis Perangkat Output Komputer Terbaru dan Kegunaanya

Monitor Merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga sering disebut sebagai layar tampilan pada komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).

2. Printer Perangkat Output Komputer
Jenis Perangkat Output Komputer Terbaru dan Kegunaanya

Printer berasal dari kata print yang berarti cetak, dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer termasuk perangkat peripheral output yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya. Desain printer komputer pertama kali dibuat secara mekanik pada abad 19. Sedangkan printer elektronik pertama dibuat oleh Epson dengan nama EP-101, perusahaan Jepang itu merilisnya pada tahun 1968.

Printer merupakan perangkat output yang memiliki fungsi untuk mencetak hasil proses kedalam media kertas. Data yang dihasilkan bisa berupa tulisan atau gambar, printer ini masuk dalam perangkat peripheral yang sangat membantu pekerjaan manusia. Untuk saat ini printer memiliki berberapa macam yaitu: Dot Matrik, daisy wheel, Ink-jet, Chain, Drum, laser jet.

3. Speaker
Perangkat Output Speaker

Speaker adalah perangkat keluaran yang memiliki outputan berupa suara, Speaker ini akan terhubung dengan soundcard supaya kita dapat menerima hasil suara yang dihasilkan dari pemrosesan komputer.

Perangkat Keras yang berupa Speaker ini merupakan piranti dengan kedudukannya hampir tidak bisa dipisahkan lagi dengan komputer. Karena itu, speaker memiliki peran yang sangat penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Tentunya, kebanyakan pengguna komputer menyukai musik atau video sehingga membutuhkan speaker untuk mendukung keinginan tadi. Speaker komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila didukung perangkat keras bernamakan sound card atau pemroses audio/suara. Sementara untuk modelnya, speaker memiliki beragam bentuk, fitur dan juga ukuran.

4. Plotter
Perangkat Output Plotter
Plotter merupakan output device yang mempunyai fungsi yang mirip dengan printer. Hanya saja kalau Plotter memiliki ukuran yang lebih besar sehingga mampu mencetak gambar yang besar pula. Biasanya digunakan untuk spanduk dan reklame.

Plotter adalah Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.

  • Adapun pengertian lain plotter adalah sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.
  • Sedangkan plotter masih dibagi yaitu ada plotter auto,yaitu sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.

Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer.

Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad).

Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar
Macam-macam Plotter

  1. Inkjet Plotters
  2. Plotter Gerber Infinit
  3. Plotter Mechano
  4. Plotter Final


5.Proyektor atau Infokus
Perangkat Output Proyektor

Proyektor atau Infokus merupakan perangkat yang bisa kita gunakan untuk presentasi, perangkat ini mengintegrasi sumber cahaya, display, sistem optik electronik dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau vidio ke screen ( layar ) atau dinding. Proyektor ini hampir mirip dengan monitor hanya saja proyektor memerlukan screen untuk menampilkan hasil data.

Baca Juga :


Demikianlah 5 Jenis Perangkat Output Komputer Terbaru dan Kegunaanya yang telah dibahas diatas, semoga  dapat menambah wawasan kalian mengenai Perangkat Output ini dan dijadikan sebagai bahan referensi kita. Wassalam..
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS