Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Fungsi Excel | Rumus Untuk Merubah Format Tanggal Part1

Postingan ini akan membahas mengenai fungsi untuk merubah tanggal pada excel. Fungsi tanggal merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengeksekusi ataupun membuat sesuatu yang berhubungan dengan tanggal. 

Fungsi tanggal tersebut dapat kita gunakan untuk membuat tanggal, baik secara manual ataupun otomatis, bahkan bisa dibuat seperti yang anda inginkan sendiri. Fungsi tanggal banyak macamnya, contohnya seperti Date, Day, Day360 dll. Khusus di postingan ini saya akan membahas fungsi-fungsi tersebut beserta contoh penggunaan'nya. 

Ada banyak sekali fungsi tanggal yang dapat kita gunakan, diantaranya:

#1. Rumus Date Untuk Merubah Format Tanggal Di MS Excel
Fungsi Date ini kita gunakan untuk membuat tanggal berdasarkan angka tahun, bulan dan tanggal. Konsep dari fungsi Date adalah mengubah nilai yang ada pada tiap cell untuk digunakan sebagai nilai dari tanggal tersebut.
Cara menggunakan fungsi Date ini yaitu dengan rumus seperti ini =DATE(year,month,day)

contoh_rumus_date_excel_001


Pada dasarnya fungsi Date ketika kita jalankan hanya menghasilkan angka yang tertata seperti pada cell D4=25, E4=11 dan F4=2015 sehingga hal ini akan menghasilkan tanggal 11/25/15. 

Untuk membuat sebuah tanggal yang sesuai dengan yang kita inginkan, silahkan klik kanan pada cell tanggal yang diinginkan untuk dirubah formatnya. Kemudian pilih "Format Cell" sehingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

kotak_dialog_format_cells_002


Selanjutnya pilih tab "Number" lalu pilih "Custom" sehingga tampilan tabel akan seperti pada gambar diatas. Pada kolom "Type" terdapat beberapa format penulisan dari tanggal yang berbeda. Silahkan pilih format yang anda inginkan.

#2. Rumus Day Untuk Merubah Format Tanggal Di MS Excel
Fungsi Day digunakan untuk mengambil nilai tanggal dari format tanggal pada cell yang dituju. Oleh karena itu, dengan menggunakan fungsi Day anda dapat menampilkan tanggal yang ditulis dalam sebuah cell.

Cara menggunakan fungsi Day ini yaitu dengan rumus seperti ini =DAY(value)

contoh_fungsi_day_excel_003

Terlihat pada gambar, yang diambil yaitu merupakan nilai dari tanggalnya. Seperti pada tanggal 01-Jun-15 yang menghasilkan nilai 1. Untuk menampilkan hasil dari fungsi Day, dapat dibuat dengan format yang berbeda yaitu caranya sebagai berikut:
  • Klik kanan pada cell hasil dari hari tersebut.
  • Selanjutnya, pilih "Format Cells" sehingga keluar kotak dialog "Format Cells".
  • Pilih tab "Number" dan klik "Custom" pada menu sebelah kiri sehingga menampilkan tipe yang dapat digunakan untuk memilih format penulisan dari hasil hari yang telah kita buat.
kotak_dialog_format_cells_004

#3. Rumus Days360 Untuk Merubah Format Tanggal Di MS Excel
Fungsi Days360 digunakan untuk memberikan nilai dari jumlah hari antara dua tanggal berdasarkan tahun, dengan perhitungan 360 hari per tahun (12 bulan dengan 30 hari perbulan). Perhitungan ini biasanya sering digunakan dalam beberapa perhitungan akuntansi. Fungsi ini digunakan untuk membantu menghitung pembayaran berdasarkan pada 12bulan dengan 30hari dalam hitungan perbulan.

Cara menggunakan fungsi Days360 ini yaitu dengan rumus seperti ini =DAYS360(StartDate,EndDate,TRUE of FALSE)

contoh_fungsi_day360_excel_005


Pada fungsi Days360 ini mempunyai dua metode pembuatan yang sesuai standar Eropa dan Amerika. Pada standar Eropa digunakan untuk akuntansi Eropa dan standar Amerika digunakan untuk akuntansi Amerika.

fungsi_days360_standar_eropa_dan_amerika_006


Pada standar Eropa, tanggal mulai dan tanggal berakhir yang terjadi pada hari ke-31 suatu bulan menjadi sama dengan hari ke-30 dari bulan yang sama. Cara menggunakan fungsi Days360 ini yaitu dengan rumus seperti ini =DAYS360(StartDate,EndDate,TRUE).

Pada standar Amerika, jika tanggal mulai adalah hari terakhir suatu bulan, maka menjadi sama dengan hari ke-30 di bulan yang sama. Tetapi jika tanggal berakhirnya adalah hari terakhir suatu bulan dan tanggal mulainya lebih awal dari hari ke-30 suatu bulan, maka tanggal berakhirnya menjadi sama dengan hari ke-1 bulan berikutnya, jika tidak tanggal berakhir menjadi sama dengan hari ke-30 di bulan yang sama.

Cara menggunakan fungsi Days360 ini yaitu dengan rumus seperti ini =DAYS360(StartDate,EndDate,False)


Demikianlah tadi pembahasan mengenai Fungsi Excel | Rumus Untuk Merubah Format Tanggal Part1. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. 

Silahkan baca Fungsi Excel | Rumus Untuk Merubah Format Tanggal Part2. Di postingan tersebut sudah saya jelaskan mengenai fungsi-fungsi yang berhubungan dengan tanggal lainnya diantaranya fungsi Month, fungsi Year, fungsi DateDif, fungsi DateValue, fungsi NetworkDays.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS