Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Pengertian Lan Card beserta fungsi dan cara kerjanya

Tutorial Ankha | LAN atau Local Area Network merupakan sejenis jaringan yang menghubungkan dua komputer atau lebih ke suatu jaringan. Untuk memungkinkan terjadinya koneksi sebuah komputer dengan jaringan komputer maka dibutuhkan LAN Card.

Jaringan komputer ini tidak lagi menjadi hal yang asing bagi masyarakat. Lebih lagi bagi mereka yang beraada dalam bidang perkantoran dan juga yang berada di warnet konvensional maupun warnet untuk game online, tentu pasti menggunakan dengan istilah jaringan komputer.

Nah dari itu siapa saja yang menginginkan fasilitas jaringan komputer dapat memanfaatkan jasa LAN Card ini. misalnya jaringan internet, printer jaringan, atau sekedar menghubungkan semua komputer yang ada, anda dapat memanfaatkan keberadaan LAN Card ini.

Untuk itu mari kita lihat Penjelasan lebih lanjut mengenai Pengertian Lan Card beserta fungsi dan cara kerjanya dibawah ini.

Pengertian LAN Card

Pada dasarnya Lan Card ini dinamakan NIC (Network Interface Card) Namun kita sering menyebutnya atau yang paling umum dikenal dengan panggil LAN Card yaitu merupakan sebuah perangkat keras jaringan yang berbentuk seperti kartu, dimana fungsi utamanya ialah untuk menghubungkan perangkat komputer dua atau lebih komputer guna melakukan pertukaran data.

Perangkat ini bisa dihubungkan dengan jaringan komputer menggunakan alamat MAC. Oleh karena itu dengan adanya perangkat ini, setiap komputer bisa terhubung dengan jaringan yang dimaksud. Bentuk LAN Card yang sedemikian itu menjadikannya mirip seperti kartu kredit. Ada beberapa tipe LAN Card yang banyak ditemui, misalnya PCMCIA Card yang dapat digunakan di laptop.

LAN card merupakan Salah satu hal yang menarik dari LAN Card yaitu berupa ada banyak cara untuk menghubungkan LAN Card ke komputer. Ada yang dihubungkan melalui port PCI yang ada di dalam komputer, sementara ada pula yang sudah ‘tertanam’ dalam motherboardkomputer.

Bagi pengguna khusunya Lpatop/Notebook kalian tak perlu khawatir karena laptop generasi terbaru sudah dilengkapi oleh LAN Card yang terintegrasi dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan komputer kabel ataupun nirkabel.

Terkait dengan PCI Card yang ada di dalam PC komputer, di dalamnya terdapat port Ethernet yang merupakan tempat dimana pengguna menaruh kabel jaringan. Satu hal yang perlu dipahami adalah, LAN Card yang kita gunakan menentukan protokol-protokol yang digunakan pada jaringan.

Fungsi LAN card

Pengertian Lan Card beserta fungsi dan cara kerjanya

Ini berfungsi Agar dapat melakukan pertukaran data antar komputer, untuk itu kabel jaringan perlu dihubungkan dengan LAN Card atau Network Interface Card alias NIC. Seperti yang telah dibahas atau disinggung pada pembahasan sebelumnya, perangkat ini memungkinkan dua komputer atau lebih tersambung dengan suatu jaringan komputer seperti jaringan rumah atau Internet menggunakan kabel LAN yang dilengkapi oleh konektor RJ-45.

Popularitas dan murahnya harga LAN Card merupakan alasan utama mengapa komputer dewasa ini seakan-akan wajib menjadikan perangkat ini sebagai salah satu komponen utama yang harus terpasang di motherboard.

Sebagaimana perangkat komputer lainnya, penemuan LAN Card tak lepas dari keinginan untuk mendapatkan fungsi atau manfaat tertentu, seperti:

Mewujudkan koneksi fisik bagi masing-masing komputer. Keberadaan LAN Card ‘dapat menyatukan’ semua komputer dalam satu jaringan tertentu. Di saat yang sama, LAN Card bekerja dengan cara membukakan ‘pintu’ bagi semua komputer yang ingin dihubungkan dengan jaringan tersebut.

Menyediakan saluran data. LAN Card tak hanya dengan membukakan pintu bagi masing-masing komputer yang terhubung, tapi juga memberi jalan keluar atas aliran data antar komputer.
Cara Kerja LAN Card.

Dua atau lebih komputer tidak akan dapat terhubung satu sama lain jika tidak menggunakan perangkat jaringan, semisal LAN Card. Perangkat keras ini menghubungkan tiap komputer ke jaringan dengan menggunakan alamat MAC. Kinerja LAN Card tidak lepas pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI ini merupakan model teoretis di sebuah jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI merupakan lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen. Upaya meng-upgrade atau mengganti satu layer tidak akan mempengaruhi independensi lapisan lain. Hal ini berarti bahwa jika ada perangkat yang menggantikan LAN card, elemen komputer lainnya, seperti protokol, tidak akan berubah.

Cara kerja LAN card

Bagaimana Cara kerja Lan Card ? Fungsi data link dari LAN Card telah menyediakan fasilitas penerimaan data biner dari jaringan pada tataran perangkat keras. Selanjutnya LAN Card juga dapat mengenali aliran ini dan bahkan mampu memeriksa kesalahan yang ada.
Pengertian Lan Card beserta fungsi dan cara kerjanya

Ketika seorang pengguna komputer yang telah terhubung dengan sebuah jaringan menyalakan komputernya, maka akan terlihat 2 (dua) buah lampu: Satu berwarna hijau, dan satunya lagi berwarna jingga. Lampu jingga akan terus menyala ketika lapisan data link dihubungkan.

Nah Hal ini mengindikasikan bahwa kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat aliran data. Adapun lampu kedua, yakni lampu hijau, akan muncul begitu lapisan berikutnya diaktifkan.

Sebuah jaringan LAN Card ini dapat berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan komputer, jika dalam jaringan tersebut terdapat switch atau jika ada dua atau lebih komputer. Apabila komputer di jaringan Kalian ingin terhubung satu sama lain, maka komputer-komputer tersebut harus dihubungkan ke sebuah router atau switch yang berada dalam jaringan yang sama.

Demikianlah Pembahasan mengenai Pengertian Lan Card beserta fungsi dan cara kerjanya semoga bermanfaat dan menambahkan pengalaman kalian dalam mengaplikasikan komputer ini. 
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS