Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

2 CARA MUDAH MERUBAH HURUF BESAR DAN KECIL DI MS EXCEL

Pada postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi cara merubah huruf besar menjadi kecil, huruf kecil menjadi besar dan huruf besar hanya di awalan kata.

Seperti yang kita tahu, merubah huruf lembar kerja microsoft excel tidaklah secepat pada ms word, jika di office word kita hanya butuh mensorot menu Change Case yang letaknya di ribbon menu Home sudah ketemu fitur rubah jenis huruf besar/kecil, meskipun di microsoft excel tidak terdapat fitur rubah huruf tetapi bukan berarti kita tidak bisa merubahnya selain dengan cara menghapus satu persatu kata dan mengulang penulisan.

Merubah huruf pada office excel bisa dilakukan dengan mudah, hanya saja kita perlu beberapa langkah yang tak sesimpel di microsoft word, dibawah sudah saya siapkan langkah - langkah yang disertai gambar dengan 2 (dua) jenis cara merubah huruf besar dan kecil pada excel.

Pada praktiknya saya menggunakan contoh daftar simpan pinjam, dengan data nama huruf kapital semua dan akan kita rubah menjadi huruf kapital hanya di awal kata.


1. MENGGUNAKAN JASA MS WORD

Cara ini tergolong mudah, karena kita hanya mencopy (Ctrl + C) huruf yang ada di ms excel kemudian selanjutnya dipastekan (Ctrl + V) pada ms word, lalu pada lembar kerja word kita blok semua huruf dengan cara (Ctrl + A) pada keyboard.


Lanjutkan dengan mencari menu Chane Case pada group menu Font yang terletak pada bilah menu Home, kemudian klik dan keluar tab, pilih sesuai kebutuhan anda, dalam contoh saya memilih Capitalize Each Word untuk huruf kapital yang hanya di depan kata.

Setelah itu blok semua huruf Ctrl + A yang ada di lembar kerja office word dan pastekan Ctrl + V ke lembar kerja ms excel sesuai nomor urut cell semula seperti contoh gambar dibawah hasil rubahan huruf besar di awal kata.



2. MENGGUNAKAN RUMUS FUNGSI

Cara merubah huruf kapital atau yang dikenal dengan huruf besar menjadi kecil di ms excel bisa dilakukan dengan cara rumus fungsi, tetapi cara ini membutuhkan ruang cell kosong untuk copy dan paste, langsung saja simak contohnya dibawah ini.


⧫ Langkah nomor satu, manfaatkan ruang cell kosong untuk menerapkannya seperti contoh praktik, kita klik baris B pada kolom nomor 10.

⧫ Langkah nomor dua, ketikan rumus fungsi pada formula bar, awali dengan tanda ( = ) sebagai perintah.
- LOWER, untuk merubah huruf menjadi kecil semua.
- UPPER, untuk merubah semua huruf menjadi besar.
- PROPER, untuk menjadikan huruf besar hanya di awal setiap kata.

⧫ Langkah nomor tiga, klik tombol centang atau tekan enter pada keyboard untuk konfirmasi.

Untuk penerapan di cell selanjutnya atau B11 seterusnya pada baris B, anda tinggal klik cell B10 tepatnya hasil rubahan huruf tadi dan fill-handle tanda ( + ) lalu drag dengan cara seret kebawah sesuai kebutuhan.



Seperti contoh drag huruf gambar diatas saya membuat rumus fungsi PROPER untuk huruf kapital di awalan kata.

Selesai sampai disini anda sudah berhasil merubah huruf pada lembar kerja microsoft office excel dengan mudah, semoga apa yang saya tulisakan diatas dapat dipahami dan bermanfaat bagi anda, sampai jumpa dilain waktu.

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS