Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

BELAJAR RUMUS FUNGSI COUNTIF DI EXCEL

Mengalami kesulitan dalam menginput data itu sudah pasti sering terjadi, terutama penjumlahan pada suatu range data ms excel dan saya pun sering mengalaminya, dimana penjumlahan tak selalu dengan argumen yang sama, apalagi ketika mencari jumlah salah satu criteria yang bercampur aduk dengan banyak data.

Nah untuk pembahasan kali ini kita akan maju sedikit dari fungsi Count, Counta ke fungsi Countif pada microsoft excel, di bawah sudah saya uraikan beberapa contoh disertai gambar agar pembelajaranya dapat anda tangkap dengan mudah, berikut ini.

PENGERTIAN DAN SYNTAX COUNTIF

Fungsi Countif merupakan cara untuk menemukan hasil suatu data yang berargumen, terutama data yang memiliki criteria penulisan yang berbeda - beda, dengan tujuan untuk mencari jumlah salah satu criteria pada suatu range.

Syntax =COUNTIF(Range;"Criteria")

Keterangan :
  • Range, Lokasi dari mana dan sapai dimana keseluruhan data yang akan kita cari jumlahnya.
  • Criteria, jenis kriteria yang akan kita cari jumlahnya.
Coba saya simpulkan keterangan diatas, Countif memungkinkan kita untuk mencari suatu jenis nama tertentu dalam data untuk mendapatkan jumlahnya. atau bisa saja kita mengganti criteria dengan lokasi cell.

CONTOH 1

Dibawah adalah contoh data pembahasan fungsi Count dan Counta sebelumnya dan akan kita pergunakan untuk contoh fungsi Countif.


Keterangan :
  • Untuk contoh diatas Syntax =COUNTIF(C4:C12;"CAIR" atau bisa juga dengan keseluruhan data dari baris nama, jenis dan stok Syntaxnya =COUNTIF(B4:D12;"CAIR") lalu enter.
  • Hasilnya adalah 3 jumlah data jenis Cair.

CONTOH 2

Untuk contoh ini saya juga menggunakan data sebelumnya, model tabel menyamping memanfaatkan lebar kolom, kita akan mencoba menemukan berapa jumlah buah yang memiliki Stok 10.


Keterangan :
  • Gambar diatas kita menggunakan variasi Criteria angka, Syntax =COUNTIF(J2:O4;10)
  • Jadi didapat buah yang memiliki setok 10 adalah 3 buah, saya contohkan criteria angka agar anda mudah memahami
  • Untuk range atau lokasi mengambil data kita sorot dari cell J2 sampai O4.

CONTOH 3

Dibawah ini contoh jika kita ingin melihat jumlah stok di atas 10.

Keterangan :
  • Syntax =COUNTIF=(J2:O4;">10") , penambahan criteria > / < untuk menunjuk arah yang di jumlahkan dengan dikurung tanda petik dua, hasil di dapat adalah 2 jumlah yang memiliki stok diatas 10.

CONTOH 4

Contoh ini merupakan gabungan jumlah dua jenis criteria, agak banyak kode penulisannya tapi klo udah ngerti maksudnya pasti gampang.


Keterangan :
  • Diatas merupakan rumus Countif untuk menjumlahkan 2 jenis criteria yang berbeda, Syntax =COUNTIF(K3:O4;K3)+COUNTIF(K3:O4;O3) dan jumlah yang didapat dari jenis A dan C adalah 3 jenis.

Baca Juga : Rumus Sumif di Excel

Itulah beberapa ulasan tentang fungsi COUNTIF pada ms excel, semoga apa yang saya tulis diatas dapat berguna bagi anda, sampai jumpa.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS