Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Menyimpan dan Berbagi File Workbook Excel 2016

Cara Menyimpan dan Berbagi File Workbook Excel 2016
Menyimpan file Excel ke komputer lokal adalah fasilitas mendasar dari aplikasi, namun di Excel 2016 fitur telah bertambah. Anda bisa menyimpan file secara cloud di OneDrive. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berbagi workbook dengan orang lain secara langsung. Ikuti kelanjutan tutorial Excel 2016 Level 1.

Kapan pun Anda membuat buku kerja baru di Excel, Anda harus tahu cara menyimpannya agar bisa mengakses dan mengeditnya nanti. Seperti versi Excel sebelumnya, Anda dapat menyimpan file secara lokal ke komputer Anda. Tapi tidak seperti versi yang lebih tua, Excel 2013 juga memungkinkan Anda menyimpan buku kerja ke cloud menggunakan OneDrive. Anda juga dapat mengekspor dan berbagi buku kerja dengan orang lain secara langsung dari Excel.



Cara Menggunakan Save (Simpan) dan Save As (Simpan sebagai) File Excel 2016


Excel menawarkan dua cara untuk menyimpan file: Save dan Save As. Pilihan ini bekerja dengan cara yang sama, dengan beberapa perbedaan penting:

Save: 

Saat membuat atau mengedit buku kerja, Anda akan menggunakan perintah Save untuk menyimpan perubahan Anda. Anda akan sering menggunakan perintah ini. Bila Anda menyimpan file, Anda hanya perlu memilih nama dan lokasi file untuk pertama kalinya. Setelah itu, Anda tinggal klik perintah Save untuk menyimpannya dengan nama dan lokasi yang sama.

Menyimpan buku kerja (workbook)

Penting untuk menyimpan buku kerja Anda kapan pun Anda memulai proyek baru atau membuat perubahan pada yang sudah ada. Menyimpan lebih awal dan sering, bisa mencegah pekerjaan Anda hilang. Anda juga perlu memperhatikan di mana Anda menyimpan buku kerja sehingga nantinya mudah ditemukan.

  1. Cari dan pilih perintah Save pada Quick Access Toolbar
    Gambar tombol perintah save excel 2016
    Tombol perintah save Excel 2016
  2. Jika Anda menyimpan file untuk pertama kalinya, panel Save As akan muncul di tampilan Backstage.
  3. Anda kemudian harus memilih tempat untuk menyimpan file dan memberikannya sebuah nama file. Untuk menyimpan buku kerja ke komputer Anda, pilih Computer, lalu klik Browse. Sebagai alternatif, Anda dapat mengklik OneDrive untuk menyimpan file ke OneDrive Anda.
  4. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan buku kerja.
  5. Masukkan nama file untuk buku kerja, lalu klik Save. Gambar kotak dialog save as
  6. Buku kerja akan disimpan. Anda bisa mengklik perintah Save lagi untuk menyimpan perubahan Anda saat Anda memodifikasi buku kerja.

Save As: 

Anda akan menggunakan perintah ini untuk membuat salinan buku kerja sekaligus menyimpan dokumen asli. Bila Anda menggunakan Save As, Anda harus memilih nama dan / atau lokasi yang berbeda untuk versi yang disalin.

Save As untuk membuat salinan

Jika Anda ingin menyimpan versi yang berbeda dari buku kerja sambil menyimpan dokumen asli, Anda dapat membuat salinan. Misalnya, jika Anda memiliki file bernama "Data Pegawai", Anda dapat menyimpannya sebagai "Data Pegawai 2", sehingga Anda dapat mengedit file baru dan tetap merujuk kembali ke versi aslinya.

Untuk melakukan ini, Anda akan mengklik perintah Save As di tampilan Backstage. Sama seperti saat menyimpan file untuk pertama kalinya, Anda harus memilih tempat menyimpan file dan memberikannya sebuah nama file baru.

AutoRecover


Excel secara otomatis menyimpan buku kerja Anda ke folder sementara saat Anda mengerjakannya. Jika Anda lupa menyimpan perubahan Anda, atau jika crash Excel, Anda dapat memulihkan file menggunakan AutoRecover.

Cara menggunakan AutoRecover


  1. Buka Excel 2013. Jika versi file yang tersimpan secara otomatis ditemukan, panel Document Recovery akan muncul.
  2. Klik untuk membuka file yang tersedia. Buku kerja akan dipulihkan. 
    Gambar excel 2016 auto recovery
    Excel 2016 auto recovery

Tip: Secara default, Excel menyimpan semua 10 menit. Jika Anda mengedit buku kerja kurang dari 10 menit, Excel mungkin tidak membuat versi yang tersimpan secara otomatis.

Jika Anda tidak melihat file yang Anda butuhkan, Anda dapat melihat semua file yang tersimpan secara otomatis dari tampilan Backstage. Cukup pilih tab File, klik Manage Versions, lalu pilih Recover Unsaved Workbooks.

Mengekspor buku kerja


Secara default, buku kerja Excel disimpan dalam jenis file .xlsx. Namun, mungkin ada saat ketika Anda perlu menggunakan jenis file lain, seperti buku kerja PDF atau Excel 97-2003. Sangat mudah untuk mengekspor buku kerja Anda dari Excel dalam berbagai jenis file.

Cara mengekspor buku kerja sebagai file PDF

Mengekspor buku kerja Anda sebagai dokumen Adobe Acrobat, yang biasa dikenal dengan file PDF. Bisa sangat berguna jika berbagi buku kerja dengan seseorang yang tidak memiliki Excel. PDF dapat dilihat oleh penerima, namun tidak bisa mengedit konten buku kerja Anda.


  1. Klik tab File untuk mengakses Backstage view.
  2. Klik Export, lalu pilih Create PDF / XPS
    Gambar excel 2016 eksport ke pdf
    File Excel 2016 eksport ke PDF
  3. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi di mana Anda ingin mengekspor buku kerja, masukkan nama file, lalu klik Publish.

Tip: Secara default, Excel hanya akan mengekspor lembar kerja aktif. Jika Anda memiliki beberapa lembar kerja dan ingin menyimpan semuanya dalam file PDF yang sama, klik Opsi di kotak dialog Save as. Kotak dialog Options akan muncul. Pilih Entire workbook, lalu klik OK.
Gambar excel save as pdf option entire workbook
Excel 2016 save as PDF option entire workbook


Cara mengekspor buku kerja ke jenis file lainnya

Anda mungkin juga merasa terbantu untuk mengekspor buku kerja Anda ke jenis file lain, seperti Buku Kerja Excel 97-2003 jika Anda perlu berbagi dengan orang-orang yang menggunakan versi Excel yang lebih tua, atau file .CSV jika Anda memerlukan versi teks biasa dari buku kerja Anda

  1. Klik tab File untuk mengakses Backstage view.
  2. Klik Export, lalu pilih Change File Type.
  3. Pilih jenis file yang umum, lalu klik Save As.
  4. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi di mana Anda ingin mengekspor buku kerja, masukkan nama file, lalu klik Save.

Coba sendiri!

  1. Buat buku kerja kosong baru.
  2. Gunakan perintah Save untuk menyimpan workbook ke desktop Anda.
  3. Simpan buku kerja ke OneDrive dan mintalah orang lain untuk melihatnya.
  4. Ekspor buku kerja sebagai file PDF.

Setelah mengerti tentang menyimpan dan berbagi file Excel 2016, selanjutnya akan mengupas tentang cell yang akan dibahas pada poting artikel selanjutnya. Cell bisa jadi sebagai objek utama dari Excel. Ikuti terus tutorial Excel 2016 Level 1 berikutnya.


Sumber referensi:
Excel help - Office Support
Mount Allison University

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS