Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Mengenal jenis-jenis validasi pada aplikasi excel

mengenal jenis-jenis validasi pada aplikasi excel
Artikel kali ini adalah artikel lanjutan dari fungsi validation yang sudah dibahas sebelumnya. dan pada artikel ini akan dijelaskan beberapa jenis validasi pada aplikasi excel.

cara mengaktifkan fungsi data validation List.

Anda tinggal klik Menu Data, dalam group ribbon Data Tools pilih Data Validation, nanti akan muncul sebuah form data validation. dalam form ini terdapat tiga tab yaitu Settings, Input Message, dan Error Alert.
Gambar Form Data Validation

  • Tab settings berfungsi untuk mengatur jenis validasi yang akan digunakan
  • Tab input message berfungsi untuk (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); memberikan sebuah pesan pada cell yang sudah diberikan fungsi validasi
  • Tab error alert berfungsi untuk memberikan notifikasi pesan error jika inputan sebuah data tidak sesuai dengan validasi yang dibuat.
Dalam tampilan dialog box data validation ini, kita bisa memilih beberapa jenis validasi yang bisa kita gunakan yaitu :

  1. Any value : ini adalah jenis default dari cell yang belum diberikan sebuah validasi. artinya jika memang cell yang sudah kita buat validasi ingin dinormalkan seperti semula maka tinggal dirubah saja allow nya menjadi Any Value.
  2. Whole number : ini adalah jenis validasi untuk menginputkan nilai angka saja. pada tampilan validasi ini juga akan muncul combo box data dan kita bisa berikan logika kriteria angkanya seperti data yang diinputkan harus lebih dari (grather than), kurang dari (less than), sama dengan (equel) dan lain sebagainya.
    Gambar tampilan validasi whole number pada tab setting
  3. Decimal : ini adalah jenis validasi yang fungsinya mirip dengan validasi whole number yaitu menginputkan angka desimal. fungsi combo box nya pun sama akan aktif ketika memilih validasi decimal.
  4. List : ini adalah jenis validasi untuk menambahkan tombol combo pada cell. jadi jika cell yang ditentukan diberikan validasi list maka untuk penginputannya tidak hanya diketik tapi bisa di klik dan pilih data yang sudah ada pada combo atau list. pada validasi ini juga akan aktif satu text box yaitu source yang berfungsi untuk mengisikan data yang diinginkan yang akan muncul pada combo atau list. Sebetulnya langkah ini sudah dipraktekan pada artikel sebelumnya dengan judul "membuat sebuah combo atau list pada aplikasi excel dengan data validation"
    Gambar tampilan validasi list pada tab setting
  5. Date : ini adalah jenis validasi yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun. pada validasi ini juga akan aktif combo box data yang bisa disesuaikan dengan logika yang ingin dibuat.
    Gambar tampilan validasi date pada tab setting
  6. Time : hampir sama dengan validasi date tetapi lebih berhubungan dengan waktu (jam, menit, detik).
  7. Text Length : ini adalah jenis validasi yang berhubungan dengan jumlah text atau karakter pada sebuah cell. misalkan ingin membatasi jumlah karater yang diinputkan tidak boleh lebih dari 10 text atau karakter maka fungsi ini bisa digunakan.
  8. Custom : selain dari fungsi diatas yang sudah dijelaskan, pada allow validation terakhir ada custom yang berfungsi untuk membuat sebuah validasi sendiri. misalkan membuat sebuah perintah validasi untuk sebuah kolom tidak boleh ada data yang sama. dan validasi lainnya yang sifatnya bisa kita buat sendiri sesuai logika dan krieria. Untuk mengisikan rumus nya ada pada text box formula.
    Gambar tampilan validasi custom pada tab setting
mungkin itu saja yang bisa dijelaskan pada artikel ini. next time artikel berikutnya adalah contoh validasi dari penjelasan diatas.. tungggu dan pantau terus blognya.. dengan like fans page belajar microsoft excel.

jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)



Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS