Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Berikut Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

Tutorialankha.com | Berikut akan admin share mengenai bagaimana cara merubah ukuran dan jenis font pada Windows 10? Mengapa mesti dirubah ?  ini biasanya dilakukan karena biasa terdapat pada tampilan font atau jenis huruf defaultnya trerlihat lebih kecil. Mungkin ini diakibatkan dari beberapa faktor. Entah itu layar pada  komputer  yang beresolusi tinggi atau  mungkin disebabkan oleh faktor lainnya.

Nah dari itu admin akan menshare masalah ini, yaitu  akan member tips mengenai bagaimana cara mengatur ukuran atau jenis font pada windows 10 dengan sesuai yang kalian inginkan, Selain itu jika kalian bosan dengan gaya huruf yang tampil pada windows di computer kalian,  tentunya  juga admin akan menjelaskan cara mengubah jenis font pada windows 10.

Pada Pembahasan ini kalian akan diberitahukan bagaimana cara:
1. Cara Mengganti ukuran  dan merubah fonta windows 10 Sebelum Versi Creators Update
2. Cara Mengganti Ukuran font pada Windows 10 Creators Update ke Atas
3. Mengganti Jenis Font atau gaya huruf pada Windows 10
Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10
Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

1. Cara Mengganti ukuran Sebelum Versi Creators Update
Bagi kalian pengguna windows 10 yang menggunakan versi lebih rendah dari Creators Update ini, pengaturan untuk mengganti ukuran bawaan Windows telah tersedi. Jadi untuk melakukannya cukup mengikuti langkah dibawah ini:

Langkah ke-1
Pada Keyboard tekan tombol  Windows+I  untuk membuka Settings dan pilih  System >> Display. Klik Advanced display settings >> Advanced sizing of text and other items.

Langkah ke-2
Pada langkah diatas akan membuka jendela Control Panel. Nah Disini kalian akan melihat dua pilihan dropdown.
Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

Dropdown yang 1 ini dapat kalian gunakan untuk memilih bagian mana yang ingin kamu rubah ukuran fontnya, dan dropdown yang ke-2 ini berisi pengaturan ukuran font yang bisa kkalian gunakan Selain itu kalian juga dapat memilih bold dengan mencentangnya  untuk menebalkan pilihan tertentu sesuai yang kalian inginkan. Jika sudah Klik Apply dan lihat hasilnya.

2. Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10 Creators Update ke Atas
Perlu kalian ketahui bahwa fitur pada Windows 10 versi Creators Update sampai versi terbarunya sekarang,ini fitur bawaan dari windows 10 ini untuk merubah ukuran font sudah tidak ada lagi. Tidak ditau mengapa windows telah menghapus fitur ini.

Nah maka dari itu bagi kalian yang menggunakan Windows 10 versi Creators Update atau yang lebih barunya kalian mesti membutuhkan bantuan pihak ketiga yaitu berupa softwere untuk proses perubahan font pada windows 10 ini.

Ada banyak jenis softwere diluar sana yang dapat kalian gunakan baik itu versi gratisan maupun prabayar.. Namun pada kali ini admin akan menggunakan software dari WinTools bernama System Font Changer. Yang gratisan hehehe..

Langkah ke-1
Silahkan kalian download dan instal terlebih dulu softwarenya di bawah.
Download: System Font Changer 

Langkah ke-2
Setelah kalian install, pada saat pertama kali  kalian jalankan software System Font Changer tersebut ini biasanya muncul peringatan dan menanyakan apakah kamu ingin menyimpan pengaturan default Windows 10 atau  tidak? Nah disini admin sarankan agar kalian menyimpan pengaturan default ini.

Ini dilakukan agar mengantisipasi jika dibelakangnya nanti ada kesalahan dalam proses perubahan font, mungkin juga  jika kalian nanti ingin merubah fontnya kembali seperti semula atau ke tam,pilan defaultnya. Klik Yes dan tentukan folder dimana kamu akan menyimpannya.

Langkah ke-3
Saat software terbuka, selanjutnya pilih bagian apa saja yang ingin kalian ubah ukurannya, seperti Title Bar,  Icon, Palette title atau lainnya.
Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

Kemudian untuk mengatur ukurannya, silahkan gunakan slider yang terletak di sebelah kanan, kalian dapat memilih ukuran font antara skala 0 sampai 20. Selain itu Kalian  juga dapat mencentang Bold jika kalian ingin mengatur ketebalan pada font tertentu. Jika selesai, klik tombol Apply kemudian silahkan keluar dan lihat hasilnya, maka font kaliam akan berubah ukurannya.


3. Mengganti Jenis Font Windows 10 Creators Update ke Atas
Pada umumnya jenis Font sistem default pada Windows 10  adalah Segoe UI. Merubah jenis font Windows 10 agak rumit dibanding generasi Windows sebelumnyayang telah dijelaskan tadi diatas.

Jika kalian ingin merubah font atau gaya huruf di Windows 10 Creators Update ke Atas ini, kalian mesti atau harus melakukan beberapa pengeditan pada registry atau bisa juga menggunakan software.
Namun dalam tutorial ini admin hanya akan menjelaskan cara merubah jenis font Windows 10 Creators Update ke Atas dengan cara mengedit registry.

Sebelum memulai, ada beberapa yang harus kalian perhatikan.

1. Kalian harus berhati-hati dan teliti saat mengedit apapun di registry ini. Karena dengan mengedit registry ini bisa menimbulkan masalah yang serius jika settingan kacau salah. jadi, ikuti tutorial ini dengan baik dan benar.
2. Cara ini tidak dapat merubah  semua pada  tampilan font Windows 10. Terdapat beberapa menu yang tidak akan berubah diantaranya adalah Menu Settings, Action Center dan Start Menu. Selain itu  semua tampilan menu Windows akan berubah.
3. Disarankan kalian sarankan untuk memeriksa terlebih dahulu font pilihan yang mana kalian ingin gunakan untuk memastikan apakah font tersebut telah mendukung semua karakter yang dibutuhkan. Karena beberapa jenis font tidak selalu dirancang untuk digunakan untuk sistem Windows dan tidak semua memiliki karakter yang lengkap.

Oke untuk memulai,
Langkah ke-1
Buka Notepad dan salin script berikut ini:

[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionFonts]
"Segoe UI (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Light (TrueType)"=""
"Segoe UI Semibold (TrueType)"=""
"Segoe UI Symbol (TrueType)"=""

[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionFontSubstitutes]

"Segoe UI"="FONT KALIAN"

Ganti FONT KALIAN dalam tanda petik dengan nama font yang ingin kalian gunakan. Misalnya Arial, Verdana, Calibri atau yang lainnya.

Langkah Ke-2

Setelah selesai kalian rubah diatas, kemudian Save/simpan file notepad  tadi dengan cara klik File > Save As. Ubahlah save as type nya menjadi All Files, kemudian aturlah File Name dengan nama apasaja terserah kalian dan diakhiri dengan .reg. Selesai, lalu klik Save.

Langkah ke-3

Sekarang buka file yang tersimpan tadi dan otomatis Windows akan mendeteksi bahwa itu adalah file registry. Klik Yes untuk konfirmasi dan klik OK.

Langkah ke-4

Restart komputer kalian lihat hasilnya.

Untuk mengantisipasi jika suatu saat kamu ingin mengembalikan font Windows kamu seperti semula, silahkan kamu download file registry default di bawah ini. Caranya sama saja, buka dan klik Yes kemudian OK, restart dan selesai.

Download: Registry Default Windows 10 (Gratis)

Merubah Ukuran Font pada Seluruh Tampilan Windows

Jika kalian ingin merubah ukuran font pada semua tampilan, termasuk teks, Taskbar dan Start Menu, kamu dapat melakukannya di dalam pengaturan Display. Caranya kamu cukup tekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih menu Display. Disana akan terlihat bahwa ukuran font recommended yang digunakan Windows adalah 100%. Kamu bisa merubahnya dengan klik dropdown yang ada. Atau kamu juga bisa memanfaatkan Custom scaling agar kamu leluasa dalam merubah ukuran font.


Untuk kembali ke ukuran default, pilih saja opsi Recommended pada dropdown. Saya sarankan agar kamu merubah ukuran font kamu sesuai dengan standar resolusi komputer kamu. Jika tidak, maka akan ada beberapa tampilan Windows dimana font menjadi buram tak jelas.

Pembesaran Sementara

Jika kalian tidak ingin repot-repot melakukan semua ini atau jika kalian ingin hanya tampilan tertentu saja yang diperbesar, kalian dapat merubah ukuran font kalian hanya sementara. Ya, kalian dapat memanfaatkan fitur zoom untuk menerapkannya. Yaitu caranya kalian cukup menekan Ctrl dan +(tombol plus) untuk memperbesar dan Ctrl dan - (tombol minus) untuk memperkecil tampilan pada Keyboard kalian. Atau kalian juga dapat membuka menu View yang terdapat pada kebanyakan software untuk merubah tampilan.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan pada Windows kamu, Magnifier. Di sana akan terdapat beberapa pengaturan untuk merubah tampilan. Silahkan berkreasi sendiri dengan Magnifier ini.
Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10


Baca Juga :

Nah itulah bagaimana Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10 yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu kalia yang sedang kebingungan merubah ukuran font Windows 10 kalian terutama untuk Windows 10 Creators Update ke atas. Oke, seperti biasa silahkan masukkan dan saran kalian saya tunggu melalui komentar di bawah. Terima kasih.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS