Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

fungsi dasar penggunaan tanggal dan waktu pada aplikasi excel

fungsi dasar penggunaan tanggal dan waktu pada aplikasi excel

artikel kali ini akan membahas tentang tanggal dan waktu pada aplikasi excel. penting bagi pengguna aplikasi excel untuk mengetahui fungsi tanggal dan waktu ini, karena kebanyakan contoh yang sering digunakan di sebuah perusahaan tidak lepas dengan laporan yang ada kaitannya dengan tanggal dan waktu. misal pembuatan laporan penjualan barang yang terdapat tanggal transaksi dalam pengolahan databasenya. terkadang tanggal dan waktu ini juga sering digunakan sebagai referensi evaluasi hasil laporan untuk mengetahui laporan dari waktu ke waktu,

apa saja fungsti tanggal dan waktu pada aplikasi excel?

fungsi tanggal dan waktu pada aplikasi excel banyak sekali mulai dari yang berkaitan dengan hari, minggu, tahun, detik, menit, jam dan sebagainya. seperti berikut ini :
  • Date : fungsi ini digunakan untuk penulisan pada aplikasi excel dengan format hari, bulan, dan tahun.
  • Time : fungsi ini digunakan untuk penulisan pada aplikasi excel dengan format waktu mulai dari detik, menit dan jam
  • Day : fungsi rumus pada aplikasi excel untuk menentukan hari mulai dari senin s/d minggu atau tanggal dari angka saru sampai tiga puluh satu.
  • Month : fungsi rumus pada aplikasi excel untuk menentukan bulan saja mulai dari januari s/d desember atau bulan ke 1 s/d bulan ke 12
  • Year : fungsi rumus pada aplikasi excel untuk menentukan tahun yang disesuaikan dengan pengaturan komputer.
  • Now : fungsi rumus pada aplikasi excel untuk membuat format tanggal dan waktu sesuai dengan tanggal dan waktu yang aktif pada komputer secara otomatis.
  • Today : rumus yang hampir sama dengan fungsi NOW yaitu mengambil format yang sedang aktif pada komputer dengan mengambil format tanggalnya saja,
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar rumus tanggal dan waktu pada aplikasi excel
sebetulnya banyak sekali fungsi atau rumus yang berkaitan dengan tanggal dan waktu seperti pada gambar diatas. dan untuk artikel ini yang akan dibahas contoh penggunaannya hanya sering digunakan saja dalam pengerjaan laporan dengan rumus tanggal dan waktu seperti NOW.

contoh penggunaan fungsi tanggal dan waktu

contoh dasar untuk penggunaan tanggal adalah harus memahami dulu formatnya. standar format penanggalan di wilayah indonesia yaitu "day, month, year" / "hari, bulan, tahun". seperti gambar dibawah ini.
Gambar penggunaan rumus tanggal pada aplikasi excel
dari gambar diatas, contoh penggunaan rumus tanggalnya adalah untuk memisahkan antara format hari, bulan dan tahun. dengan mengetikan "=DAY( )", "=MONTH( )", "=YEAR( )". dan isi dari dalam kurungnya adalah memilih cell yang sudah ada format tanggalnya.

Baca Juga : mengenal fungsi RAND atau RANDBETWEEN pada aplikasi excel

contoh dasar untuk penggunaan waktu juga tidak jauh berbeda. tinggal tentukan saja waktunya mulai dari detik, menit, dan jam. rumus yang paling simpel yang ada kaitannya dengan tanggal dan waktu adalah NOW. fungsi ini biasanya akan memunculkan format tanggal dan waktu yang sedang aktif atau yang sedang berjalan dikomputer. lihat gambar dibawah ini :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar contoh penggunaan fungsi NOW
dari gambar diatas, untuk menghasilkan format tanggal dan waktu cukup dengan mengetikan "=NOW( )" pada cell yang ingin dibuatkan formatnya, lalu tekan enter. maka hasilnya akan muncul seperti gambar diatas atau sesuai tanggal waktu yang sedang berjalan dikomputer.

nantikan artikel lainnya yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. contoh-contoh diatas hanya dasar penggunaan rumusnya. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS