Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel

membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel

pada artike kali ini akan membahas tentang cara membuat laporan sederhana dengan aplikasi excel. sebetulnya laporan ini digunakan untuk contoh laporan transaksi penjualan barang. rumus yang digunakan dalam contoh laporan ini gabungan dari rumus yang sudah ada dalam artikel sebelumnya seperti rumus lookup (vlookup dan hlookup) dan rumus formula atau matematika. langsung saja kita siapkan kertas kerja aplikasi excel untuk membuat laporan sederhana transaksi penjualan barangnya.

periapan format laporan

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar Contoh format laporan transaksi
gambar diatas adalah contoh sederhana format laporan transaksinya. dengan dibuatkan dua jenis tabel yaitu tabel Master dan tabel Transaksi. 

  • Tabel Master : digunakan untuk inputan data master sebagai tabel inti yang akan digunakan untuk rumus lookup.
  • Tabel Transaksi : digunakan untuk inputan transaksi penjualan.

Baca Juga : fungsi dasar penggunaan tanggal dan waktu pada aplikasi excel

penggunaan rumus untuk tabel transaksi

untuk rumus yang akan digunakan dalam tabel transaksi ada dua yaitu rumus lookup dan formula. kolom dari tabel transaksi yang menggunakan rumus adalah Nama Barang, Harga (menggunakan rumus lookup), Total Bayar, Kembalian (menggunakan rumus formula).
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar contoh laporan transaksi yang sudah menggunakan rumus
semua kolom yang berwarna biru merupakan kolom yang diisikan rumus dalam cellnya, dan akan otomatis muncul nilainya sesuai dengan transaksi yang diinputkan. untuk otomatis rumus pada baris berikutnya, disini menggunakan format tabel sehingga pengguna laporan pada aplikasi excel ini cukup menggunakan tombol Tab pada keyboard untuk transaksi secara berurutan. rumus pada masing-masing kolom sebagai berikut :
  • Nama Barang : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;2;0)
  • Harga : =VLOOKUP(B11;$A$5:$C$7;3;0)
  • Total Bayar : =D11*E11 
  • Kembalian=G11-F11

download contoh laporan transaksi

untuk mempermudah pembelajaran atau ingin mengembangkan contoh laporan diatas bisa di download pada link dibawah ini. contoh laporan ini hanya untuk transaksi penjualan, dan jika ingin digunakan untuk jenis transaksi lainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
download contoh laporan sederhana


jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

salam belajar microsoft excel :)

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS