Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Membuat Data List Undangan pada Mail Merge

Memanfaatkan Mail Merge untuk membuat data list undangan. Membuat label undangan di Ms Word mudah saja. Tinggal buka format label yang telah diatur. Lalu kita ketik nama dan alamat undangan di kotak label yang telah diset.

Tapi bagaimana jika undangan itu lebih dari 500 orang bahkan 1000 orang lebih?. Wah... bisa jadi memakan waktu lama bahkan mungkin berhari-hari. Harus dibuat data list undangan terlebih dahulu berupa database.

Tahukah Anda, kita bisa membuat database list undangan dalam hitungan jam bahkan menit. Gunakanlah fasilitas database mail merge. Berikut ini langkah-langkahya:

Membuat List Data Undangan Menggunakan Mail Merge


Dalam tutorial ini digunakan Microsoft Office Word 2003.

Diasumsikan kita telah membuat file setting format label yang sesuai dengan label yang dipunyai. Cara ini telah disampaikan pada posting sebelumnya, Membuat Tabel Label Undangan di MS Word. Sebagai contoh, file format tabel untuk label telah dibuat dan disimpan di My Documents.

Membuka Menu Mail Merge

Pada jendela MS Word yang telah terbuka. Klik menu Tools > Letters and Mailings > Mail Merge. Maka di sebelah kanan akan muncul pane Mail Merge.

Gambar Membuka menu Mail Merge

Langkah membuat database di pane mail merge

Pilih radio button Labels pada Select document type. Lalu klik Next: Starting document pada Step 1 of 6 yang berada dibagian bawah pane.

Gambar Pane Mail Merge

Langkah selanjutnya. Pilih radio button Change document layout pada Select starting document. Di bagian bawah klik Label Options....

Gambar Label Options

Pilih salah satu file dokumen label yang telah tersedia. Misalkan, telah dibuat sebelumnya, contoh "label 103". Jika file tersebut tidak disimpan di My Document, silahkan browse dengan melakukan double klik pada (More Files...). Klik OK.

Gambar pilih file label

Lanjutkan dengan klik Next: Select recipients pada Step 2 of 6.

Gambar Next: Select Recipients

Karena kita belum punya database penerima undangan, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu. Dimulai dengan pilih radio button Type a new list dan klik Create...

Gambar Create new recipients list

Membuat Form Data untuk List Label Undangan


Form data sebetulnya sudah tersedia. Namun kita akan membuat sesuai dengan kebutuhan. Yaitu hanya Nama dan Alamat, untuk itu klik tombol Customize...

Gambar Form New address list

Hapus field pada form yang telah tersedia 

Pada jendela Customize address list klik tombol Delete lalu klik Yes. Terus lakukan hal yang sama sampai semua field yang ada habis.

Gambar Delete field zddress form

Membuat field baru sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya membuat field baru "Nama". Klik tombol Add.... Ketik Nama pada kotak yang tersedia lalu klik OK. Ulangi untuk membuat field Alamat. Jika sudah klik tombol OK.

Gambar Membuat field baru

Entry data untuk label undangan

Masukkan nama dan alamat pada field yang tersedia. Jika ingin menambah, klik tombol New Entry. Klik tombol Close untuk menyudahi entry data.



Simpan dengan nama file apa saja. Misalkan "data undangan" kemudian klik tombol Save.

Kini kita telah mempunyai database list penerima undangan untuk digabungkan ke dalam mail merge. Lalu, bagaimanakah cara menggabungkan data undangan dengan lebel yang telah tersedia? Silahkan ikuti tutorialnya dengan klik artikel yang berikut ini: Menggabungkan Data List Undangan dengan Label

Sumber referensi: https://support.office.com/
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS