Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Cara Memperbaiki Memory Bad Disk



Cara Memperbaiki Memory Bad Disk

Bad Disk yang dimaksud di sini bukanlah bad sector ataupun matot-nya memory penyimpanan/disk, bukan pula unformated. Bad disk merupakan kerusakan dan atau kegagalan sistem pada memori penyimpanan/disk seperti flashdisk, hardisk, memori SD dan memori penyimpanan lainnya sehingga sistem windows tidak mengenali file system pada disk tersebut. Tapi sistem Windows masih bisa mengenali ukuran/kapasitas disk tersebut sehingga system masih bisa menempatkan drive leter untuk memori tersebut. Karena kalau rusak atau matot, maka windows sama sekali tidak bisa membaca memory sedangkan unformated, drive bisa dibaca dan system mengetahui bahwa drive harus diformat karena belum ada system yang di setting dalam drive tersebut.

Bad disk seperti ini biasanya diakibatkan karena kegagalan proses ataupun sistem seperti mencabut, mati lampu, error sistem ketika memori/disk sedang berkerja. Misalnya ketika kita sedang memformat flashdisk ditengah-tengah formating mati lampu, tercabut, atau sistem nge-hang dll.  Akhirnya memori tanggung belum beres apa-apa sehingga terjadilah baddisk. Bahayanya bahkan kejadian seperti ini bisa membuat perangkat memori benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki sama sekali.

Apabila telah terjadi masalah seperti iti maka ketika kita memasukkan memori SD atau flashdisk yang bad disk ke komputer, maka drive letter masih bisa muncul terbaca tapi akan muncul perintah bahwa memori harus di format. Tapi apabila kita jalankan proses format maka windows tidak bisa melakukan formating seakan-akan memori tersebut rusak dan tidak bisa diperbaiki. Tapi sebelum anda berasumsi memorinya rusak, maka tidak ada salahnya anda coba langkah perbaikan di bawah, karena mungkin saja masih kategori Bad disk yang masih bisa diperbaiki. Karena harddisk saya sendiri setelah dapat diperbaiki karena bad disk, sampai sekarang masih normal dan bisa digunakan sebagai mana mestinya tanpa ada masalah.

Bad disk bisa kita cek menggunakan aplikasi manager partisi/partition manager seperti EASUS, Mini Tool Partition Wizard dll. Tapi bad disk tidak bisa kita perbaiki dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Ciri-ciri bad disk yaitu tampilan isi bar disk pada aplikasi tersebut berwarna hitam. Dibeberapa kasus, bad disk ada yang bisa diperbaiki ada pula yang tidak bisa diperbaiki. Untuk mengetahui apakah bisa deiperbaiki atau tidak maka kita lankukan langkah perbaikan tersebut dengan cara :
  1. Colokkan flashdik atau memori SD melalui Card reader ke USB PC, apabila ada perintah format di close saja. Untuk hardisk berarti sudah dipasang sebelumnya atau menggunakan sata/ata to USB.
  2. Untuk hanya menge-cek, contoh saya menggunakan Mini Tools Partition, maka apabila memori tersebut bad disk akan terlihat bagian disk warna hitam dengan tulisan bad disk.
  3. Apabila kita sudah mengetahui bahwa memori bad disk, maka keluar saja dari aplikasi tersebut.
  4. Untuk memperbaikinya, kita gunakan tool Windows bawaan yaitu Disk Managenet, caranya buka Windows Explorer
  5. Klik kanak pada Computer / My PC
  6. Selanjutnya klik Manage
  7. Pada Storage pilih Disk Management, tunggu hingga muncul tampilan di bagian kanan
  8. Disana kita akan melihat mulai dari Disk0, Disk1, dst. dan disanapun akan terlihat disk mana yang bad disk. Maka pilihlah disk yang bad disk tersebut, kemudian klik kanak lalu klik format. Hati-hati jangan sampai salah pilih disk !
  9. Tinggal anda isi Volume label terserah, pilih File system sesuai kebutuhan kemudian klik OK, tunggu hingga proses selesai.... Jika beruntung maka memori anda akan normal kembali.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS