Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian Pada Microsoft Excel

Hal mendasar yang perlu kita kuasai dalam belajar excel adalah melakukan operasi matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Hal ini sebenarnya sudah saya singgung sedikit pada postingan tentang Operator Perhitungan Microsoft Excel. Namun dalam artikel tersebut pnejelasannya masih umum.

Untuk melakukan pengurangan, perkalian dan pembagian, excel tidak menyediakan fungsi khusus. berbeda dengan penjumlahan dimana excel menyedikan fungsi SUM, SUMIF, SUMIFS dan lain-lainnya. untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu per satu.

Rumus Penjumlahan Dalam Microsoft Excel

Cara Pertama

Cara yang paling mendasar dalam melakukan penjumlahan didalam Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+). Cara penulisan rumusnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan seperti pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 100,200,300,400,500 maka rumus excelnya kita tulis :

=100+200+300+400+500

Jika ingin menjumlahkan angka-angka didalam sebuah cell misalkan masing-masing pada cell B2 hingga B6 terisi angka 100,200,300,400,500 dan kita ingin menjulahkan cell-cell tersebut maka rumus excelnya :

=B2+B3+B4+B5+B6


Cara Kedua

Cara kedua dalam melakukan penjumlahan adalah dengan menggunakan fungsi SUM pada Excel. Untuk fungsi SUM sendiri bisa anda pelajari pada tulisan sebelumnya. Menjumlahkan data atau angka-angka dengan fungsi SUM ini lebih sering menjadi pilihan dari pada menggunakan operator plus (+). Cara ini lebih simple dan efisien tentunya.

Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka diatas pada cara pertama rumus excelnya adalah

=SUM(B2:B6)

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini



Rumus Pengurangan Pada Microsoft Excel

Rumus microsoft excel ntuk melakukan pengurangan adalah menggunakan operator minus (-). Excel tidak menyediakan fungsi khusus seperti penjumlahan dengan fungsi SUM. Kenapa demikian? saya tidak tahu.

Cara penulisan rumusnya sederhana. seperti menuliskan soal pengurangan. Hanya pada awal rumus harus dikasih tanda sama (=) dengan ini sebagai tanda bahwa yang kita tuliskan adalah rumus excel/formula. dan hal ini berlaku dalam penulisan rumus excel apapun. contoh : untuk mengurangi angka 500 dengan angka 100 rumus excelnya:

=50-10

Untuk mengurangi angka didalam cell tertentu misalnya cell B6 berisi angka 500 kita kurangi B2 berisi angka 100 maka rumus excelnya menjadi:

=B6-B2

Perhatikan gambar berikut.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Pada Microsoft Excel

Rumus Perkalian Excel

Cara Pertama

Rumus excel untuk melakukan perkalian adalah menggunakan operator asterik atau tanda bintang (*).

Cara Kedua

Cara kedua untuk melakukan perkalian adalah dengan menggunakan fungsi PRODUCT.

Untuk lebih jelasnya lihat penggunaan kedua cara tersebut dalam rumus excel pada gambar dibawah:

Rumus Perkalian dan Pembagian Pada Microsoft Excel

Rumus Pembagian Excel

Untuk melakukan pembagian dalam rumus excel adalah menggunakan operator slash atau garis miring(/). Cara menggunakannya dalam rumus excel sama dengan cara=cara sebelumnya.

Perhatikan gambar berikut:

Rumus Perkalian dan Pembagian Pada Microsoft Excel

Seperti yang semestinya kita ketahui excel megnikuti aturan internasional dalam hal perhitungan sehingga peletakan tanda kurung "( )" juga akan mempengaruhi hasil perhitungan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian.

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian Pada Microsoft Excel".Semoga bermanfaat buat sahabat Excelers.
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS