Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Mengatur tampilan excel dengan Freeze Panes

Mengatur tampilan excel dengan Freeze Panes

sering kali dalam mengerjakan sesuatu pada aplikasi excel, kepala kolom atau header kolom tidak ingin ikut ter scroll ke bawah atau ke samping.dalam postingan artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat sebuah tampilan excel dengan fitur Freeze Panes atau fitur excel untuk membekukan kolom dan baris. untuk melihat fitur freeze panes pada aplikasi excel, pengguna tinggal klik menu view, kemudian lihat pada group ribbon window akan terdapat tombol freeze panes.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar freeze panes pada aplikasi excel

Baca Juga : pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part6

jenis-jenis freeze panes

ada tiga jenis freeze panes yang akan dibahas dalam artikel ini.
  1. Freeze Panes : untuk menjaga agar kolom dan baris yang diinginkan tidak bisa di scroll
  2. Freeze Top Row : untuk menjaga agar baris pertama saja yang diinginkan tidak bisa di scroll
  3. Freeze First Column : untuk menjaga agar kolom pertama saja yang diinginkan tidak bisa di scroll
dari ketiga jenis freeze panes diatas bisa kita lihat juga lewat tampilan icon tombolnya. jika yang di arsir kolom dan baris maka fungsi ini akan membekukan kolom dan baris. jika yang di arsis hanya baris saja maka yang akan dibekukan baris pertamanya saja, begitupun untuk kolomnya.

cara penggunaannya

  • pertama siapkan worksheet atau kertas kerja excel yang kosong
  • kemudian letakan kursor di cell B5
  • lalu pilih menu view, klik tombol freeze panes, maka hasilnya adalah akan membekukan baris 1 sampai dengan 4 dan kolom A. seperti gambar dibawa ini :

https://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar contoh worksheet yang sudah menggunakan freeze panes
Gambar diatas merupakan contoh penggunaan jenis freeze panes, dimana cell yang digunakan untuk freeze panes adalah B5. warna merah merupakan baris 1 sampai dengan 4 yang dibekukan dan warna hijau yaitu kolom A yang dibekukan. artinya jika pengguna excel scroll ke bawah atau ke samping maka kolom dan baris yang sudah dibekukan tidak akan ikut ter scroll.

Untuk penggunaan freeze top row dan freeze first column, pengguna excel cukup klik saja tombol yang diinginkan. misalnya freeze top row, maka langsung otomatis baris pertama akan dibekukan. jika di pilih freeze first column maka kolom pertama langsung dibekukan. lebih lanjutnya agar pengguna excel lebih memami fungsi freeze ini silahkan praktekkan langsung ya.. 

sekian paparan tentang freeze panes pada aplikasi excel. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.
salam belajar microsoft excel :)





Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS