Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

CARA MEMBUAT TABEL DAN PENJABARANNYA DI MICROSOFT WORD

Artikel saya kali ini membahas tentang cara membuat Table pada Microsoft Word dengan mudah dan penjabaran maksud per menu,  sehingga anda mudah memahami apa yang saya tuliskan.

Table pada Microsoft Word pada umumnya digunakan untuk memisahkan suatu kata yang berbeda maksud atau jenis dengan garis sebagai pemisahnya sehingga kata atau tulisan mudah di pahami pembaca,

Pada setiap kegiatan yang mencakup jasa percetakan atau kegiatan perkantoran, tabel sering dipergunakan untuk membuat beberapa data, disamping itu cara membuat dan menjalankan tabel ms word pun terbilang mudah, berikut dibawah adalah langkah - langkah membuat tabel pada Microsoft OfficeWord yang sudah saya beri contoh serta gambar dengan harapan anda mudah menyerap penjelasan dari saya.


  1. Bukalah lembar kerja Microsoft Word anda, lanjut arahkan mouse pointer ke menu Tabel yang letaknya di atas pada menu group Insertberikut gambar nya.



  2. Kemudian klik menu Tabel, maka akan muncul pilihan kotak-kotak tabel, pada praktiknya saya membuat 8x4, cara memilihnya dengan melintasi gambar kotak tersebut, setelah itu klik, maka lembar kerja Microsoft Word anda menampilkan tabel. seperti pada gambar di bawah ini.



  3. Pada tahap ketiga, lembar kerja secara otomatis berada pada mode Design Table Tools atau istilahnya pemolesan tabel, di menu tabel tools pada page setup terdapat banyak menu di antaranya.

    3.1  Pada Group Menu Table Style, terdapat beberapa bentuk Colum, diantaranya.

    3.1.1  Shading untuk memberi warna pada kolom table.
    3.1.2  Borders untuk merubah mode garis.


    3.2  Pada Group Menu Draw Border, terdapat beberapa pilihan bentuk garis serta ukuran garis, diantaranya.

    3.2.1  Pen Color, untuk menentukan warna garis,

    3.2.2  Draw Table, untuk menambahkan garis,

    3.2.3  Eraser, untuk menghapus garis tertentu.

  4. Setelah itu geser ke Table Tools Layout, Seperti namanya Layout yang berarti tata letak, memiliki fungsi untuk pengaturan tata letak huruf, ukuran colum tabel serta penambahan colum secara cepat, menu-menu yang terdapat pada Table Tools Layout diantaranya :

    (saya menjabarkan sesuai urutan gruop menu nya)

    4.1  Grup Menu Table, letaknya paling kanan pada monitor, terdapat beberapa menu :

    4.1.1  Select, sesuai namanya Select yang berarti seleksi, dan jika menu select di klik maka akan muncul 4 (empat) pilihan. diantaranya :

    4.1.1.1  Select Cell, melakukan seleksi terhadap Cell.

    4.1.1.2  Select Column, melakukan seleksi pada colum yang memuat kursor di dalamnya atau terdapat satu cell di dalam colum tersebut yang di seleksi sebelumnya.

    4.1.1.3  Select Row, melakukan seleksu pada baris yang memuat kursor di dalamnya.

    4.1.1.4  Select Table, melakukan seleksi pada seluruh table.



    4.1.2  View Gridlines, merupakan garis bantu yang menunjukkan posisi bingkai cell atau intinya penunjuk batas suatu cell.

    4.1.3  Properties,  mengatur properti baris table. jika di klik maka akan tampil kotak dialog baru yang memiliki 4 (empat) tab menu properti diantaranya :

    4.1.3.1  Table, fungsinya untuk mengatur posisi table, ketebalan cell tertentu serta bentuk cell tertentu pada lembar kerja dokumen.

    4.1.3.2  Row, pengaturan baris tertentu, diantaranya :

    4.1.3.2.1  Allow Row To Break Across Pages, jika di centang maka table yang panjang dapat dilanjutkan di halaman yang berbeda.

    4.1.3.2.2  Repeat As Header Row At The Top Of Each Page, jika di centang maka akan mengulang baris header di halaman baru.

    Selain itu pada tab Row terdapat juga tombol Previous Row dan Next Row yang fungsinya melihat tampilan sebelum dan sesudah pada baris yang di atur tadi atau istilahnya riwayat.

    4.1.3.3  Column, pengaturan bentuk Colum dan fungsunya hampir mirip dengan tab menu row.

    4.1.3.4  Cell, pengaturan bentuk properti cell, untuk merubah pengaturan ini. anda harus meng klik celect atau kursor pada posisi mode seleksi.


    4.2  Group Menu Rows & Columns.



    Pada group menu ini ada beberapa pilihan menu, diantaranya :

    4.2.1  Delete, untuk menghapus baris atau colum tertentu, dengan cara memblok terlebih dahulu baris atau colum tersebut.

    4.2.2  Insert Above, fungsinya untuk menambah baris di atas cell, dengan cara meletakan kursor pada cell paling atas dan selanjutnya klik insert above.

    4.2.3  Insert Below, fungsinya untuk menambah baris di bawah cell, dengan cara meletakan kursor pada cell paling bawah.

    4.2.4  Insert Left,  fungsinya untuk menambah baris sebelah kanan cell.

    4.2.5  Insert Right, fungsinya untuk menambah baris sebelah kiri cell.

    Cara tersebut bisa dilakukan dengan cara celect atau blok baris terlebih dahulu.


    4.3  Group Menu Merge, sesuai dengan artinya ialah menggabungkan, di group menu ini terdapat beberapa menu yang fungsinya untuk menggabungkan dan memekarkan beberapa cell.

    4.3.1  Merge Cells, fungsinya ialah menggabungkan beberapa cell dengan cara meyeleksi atau memblok cell yang berdekatan, dan selanjutnya klik merge cell. seperti contoh dibawah.



    4.3.2  Split Cells, fungsinya ialah memekarkan cell yang berdekatan, dengan cara menyeleksi atau blok cell yang berdekatan, seperti contoh di bawah pada baris ke 5 s/d 7.



    4.3.3  Split Table, fungsinya untuk memisahkan cell tertentu dengan cara menyeleksi baris cell yang akan di pisahkan, seperti contoh gambar dibawah, baris 5 s/d 8 saya pisahkan.


    4.4  Group Menu Cells Size, merupakan kumpulan menu yang befungsi mengatur ukuran cell pada table, beberapa menu tersebut diantaranya :

    4.4.1  Auto Fit, menu yang berfungsi untuk menentukan sifat otomatis suatu kolom, page stup terdapat 3 (tiga) pilihan diantaranya.

    4.4.1.1  Auto Fit Content, jika dipilih maka conten akan menyesuaikan dengan isi teks yang terdapat pada kolom.

    4.4.1.2  Auto Fit Windows, fungsinya untuk menyesuaikan kelebaran kertas untuk hasil akhir print out nantinya.

    4.4.1.3  Fixed Column Width, membuat lebar kolom tetap atau tidak berubah.

    4.4.1.4  Height, fungsinya untuk mengatur ukuran tinggi cell, anda bisa dengan cara mengklik colum yang ingin anda rubah dan selanjutnya isikan ukuran tinggi langsung sesuai dengan keinginan. atau dengan mengklik ikon arah panah atas dan bawah.

    4.4.1.5  Width, fungsinya untuk mengatur ukuran lebar cell, cara kerjanya sama dengan menu height di atas.

    4.4.1.6  Distribute Rows, tujuannya agar ketinggian baris terseleksi secara merata ukurannya.

    4.4.1.7  Distribute Column, tujuannya agar lebar colum terseleksi dengan merata ukurannya.


    4.5  Group Menu Alignment, merupakan grup menu yang mencakup pengaturan perataan text, menu-menu tersebut diantaranya.

    4.5.1  Align, yang artinya meluruskan, menu ini berbentuk ikon dengan gambar posisi text. anda tinggal menyesuaikan posisi text dengan mengklik ikon tersebut.

    4.5.2  Text Direction, sesuai dengan artinya yakni arah, berfungsi untuk merubah arah text. seperti contoh pada gambar di bawah.



    4.5.3  Cell Margin, berfungsi untuk mengatur batas antara text dengan cell. tujuannya agar text tidak terlalu berdekatan,

    4.6  Group Menu Data, merupakan pengaturan kunci data, di sini terdapat beberapa menu diantaranya.

    4.6.1  Sort, merupakan sortiran atau pengurutan kunci huruf A-Z atau sebaliknya. intinya agar mudah di kenali, perumpamaan anda menggunakan baris judul berarti harus ada nama dan identitas. jika tidak ada baris judul berarti sortiran akan mengarah hanya pada jenis colum sesuai urutan.

    4.6.2  Repeat Header Row, jenis menu ini berfungsi mengulang judul baris pada halaman selanjutnya, caranya dengan meletakan kursor pada baris pertama lalu klik menu repeat header.

    4.6.3  Convert To Text, fungsinya untuk mengkonversi text ke dalam tabel atau sebaliknya, dengan menggunakan tombol Tab pada keyboard sebagai kunci pemisah yang nantinya berfungsi sebagai cell, sebagai contoh anda tuliskan rincian belanja sebagai berikut di lembar kerja dokumen Microsoft Word. dengan menggunakan Tab sebagai pemisah atau spasi.


    Langkah kedua blok atau select text tersebut, selanjutnya arahkan mouse pointer ke menu Insert, setelah itu klik Table dan pilih Convert text to table, maka akan muncul kotak dialog baru dan atus seperti contoh di bawah ini.



    Dan klik Ok, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



    4.6.4  Formula, berfungsi dalam hal perhitungan, sama halnya pada lembar kerja Microsoft Excel, perbedaanya ialah dari segi penulisan formulanya, untuk formula penjumlahan ke atas ialah "=sum(above)" tanpa tanda kutip dan untuk penjumlahan ke samping penulisan formulanya "=sum(left)" tanpa tanda kutip, sebagai contoh penjumlahan ke atas saya membuat table dengan berisi angka sebagai berikut.


    selanjutnya letakan kursor pada cell paling bawah, setelah itu klik menu formula dan isikan kunci kata penjumlahan.


    Dan hasilnya akan seperti ini.



    Itulah beberapa langkah mudah membuat Table dengan penjabarannya, untuk membuat column yang lebih mendalam silahkan anda pelajari dengan cara praktik meng utak atik sendiri. sekian artikel dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda, terimakasih

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS