Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

6 Jenis Rumus Formula Yang Wajib Diketahui di Excel 2016

6 Jenis Rumus Formula Yang Wajib Diketahui di Excel 2016Excel menyediakan banyak sekali rumus untuk mengerjakan data dalam tabel. Bahkan banyak menemui rumus yang sebelumnya tidak pernah mengetahuinya. Berdasarkan pengalaman, hanya beberapa rumus saja yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Tidak jauh-jauh dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, nilai-rata-rata, pernyataan logika dan lain-lain.

Dari beberapa rumus tersebut, mungkin ada 6 (enam) jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 dan versi lainnya. Pengerjaan rumus, dari setiap versi Excel tidak jauh berbeda, bahkan bisa disimpulkan tidak berubah. Jadi memahami rumus Excel dari versi berapapun, akan dapat diterapkan di hampir semua versi.

Berikut ini adalah 6 jenis rumus formula Microsoft Office Excel yang wajib diketahui oleh operator computer :
  1. SUM
  2. COUNT
  3. COUNTA
  4. LEN
  5. VLOOkUP
  6. IF

6 Jenis Rumus Formula Microsoft Office Excel

1. SUM

Formula: = SUM (5, 5) atau = SUM (A1, B1) atau = SUM (A1: B5)
Formula SUM melakukan perssis seperti yang Anda harapkan. Memungkinkan Anda untuk menambahkan 2 atau lebih angka bersamaan. Anda juga dapat menggunakan referensi sel dalam rumus ini.

Untuk lebih memahami tentang rumus formula SUM juga dapat diikuti dari pembahasan tentang rumus formula sederhana dan rumus formula kompleks.

2. COUNT

Formula: = COUNT (A1: A8)
Formula count menghitung jumlah sel dalam rentang yang memiliki angka di dalamnya.
Count hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka
COUNT hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka
Tip: Rumus formula COUNT hanya menghitung sel di mana ada angkanya.

3. COUNTA

Formula: = COUNTA (A1: A8)
Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang. Akan menghitung sel yang memiliki angka dan/ atau karakter lain di dalamnya.
Formula COUNTA bekerja dengan semua tipe data.
Berbeda dengan COUNT, COUNTA ini menghitung jumlah sel yang tidak kosong, tidak peduli jenis datanya.
CountA menghitung semua sel tidak kosong
COUNTA menghitung jumlah semua sel tidak kosong
Tip: Rumus formula COUNTA menghitung sel yang tidak kosong termasuk angka dan huruf.

4. LEN

Formula: = LEN (A1)
Formula LEN menghitung jumlah karakter dalam sel. Termasuk spasi!
Perhatikan perbedaan dalam hasil rumus: 10 karakter tanpa spasi di antara kata-kata, 12 dengan spasi di antara kata-kata.
LEN menghitung jumlah karakter dalam sel berikut spasi
LEN menghitung jumlah karakter dalam sel berikut spasi

5. VLOOKUP

Formula: = VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Pada dasarnya, VLOOKUP memungkinkan Anda mencari informasi spesifik di spreadsheet Anda. Misalnya, jika Anda memiliki daftar harga produk, Anda dapat mencari harga barang tertentu.
Kita akan menggunakan VLOOKUP untuk menemukan harga Penggaris. Anda mungkin sudah melihat bahwa harganya Rp 11,000.00, tetapi itu karena ini adalah contoh sederhana. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan VLOOKUP, Anda akan dapat menggunakannya dengan spreadsheet yang lebih besar dan lebih rumit, dan saat itulah akan sangat berguna.
Contoh VLOOKUP dalam tabel harga barang
Contoh VLOOKUP mencari harga Penggaris dalam tabel harga barang
Seperti halnya rumus apa pun, Anda akan mulai dengan tanda yang sama (=). Kemudian, ketikkan nama formula.
= VLOOKUP ("Penggaris"

Argumen kedua adalah rentang sel yang berisi data. Dalam contoh ini, data kami dalam B2: C11. Seperti halnya fungsi apa pun, Anda harus menggunakan koma untuk memisahkan setiap argumen:
= VLOOKUP ("Penggaris", B2: C11

Catatan: Penting untuk diketahui bahwa VLOOKUP akan selalu mencari kolom pertama dalam rentang ini. Dalam contoh ini, akan mencari kolom B untuk "Penggaris". Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu memindahkan kolom di sekitar sehingga kolom pertama berisi data yang benar. Itulah alasannya, mengapa dalam contoh sel A tidak dimasukkan ke formula (hanya B dan C saja).

Argumen ketiga adalah nomor indeks kolom. Ini lebih sederhana daripada kedengarannya: Kolom pertama dalam rentang adalah 1, kolom kedua adalah 2, dll. Dalam kasus ini, kita mencoba mencari harga barang, dan harga tercantum di kolom kedua. Itu berarti argumen ketiga adalah 2:
= VLOOKUP ("Penggaris", C2: C11, 2

Argumen keempat memberitahu VLOOKUP apakah akan mencari pertandingan yang sesuai, dan itu bisa berupa TRUE atau FALSE. Jika TRUE, itu akan mencari kecocokan perkiraan. Umumnya, ini hanya berguna jika kolom pertama memiliki nilai numerik yang telah disortir. Karena kimi hanya mencari pencocokan tepat, argumen keempat harus FALSE. Ini adalah argumen terakhir, jadi lanjutkan dan tutup tanda kurung:
= VLOOKUP ("Bingkai foto", A2: B16, 2, FALSE)

Lihatlah! Ketika Anda menekan enter, akan memberi Anda jawabannya, yaitu Rp 11,000.00.

6. Pernyataan If

Formula: = IF (logical_statement, kembalikan ini jika pernyataan logis benar, kembalikan ini jika pernyataan logis salah).

Contoh:
Katakanlah penjual memiliki kuota untuk dipenuhi. Anda menggunakan VLOOKUP untuk menempatkan pendapatan di samping nama. Sekarang Anda dapat menggunakan pernyataan IF yang mengatakan: "IKA penjual itu memenuhi kuota mereka, katakan"Mencapai Target", jika tidak mengatakan" Tidak Mencapati Target"
= IF (C3> D3, “Mencapai Target”, “Tidak Mencapai Target”)

Pernyataan IF ini akan memberi tahu kami jika penjual pertama memenuhi kuota mereka atau tidak.
Ketika menyalin dan menempel rumus ini di sepanjang semua entri dalam daftar, rumus akan berubah untuk setiap orang penjualan.
Contoh rumus formula IF dalam tabel target penjualan
Contoh rumus formula IF dalam tabel target penjualan
Sebagai referensi Anda dalam menggunakan fungsi If dapat diikuti juga pada contoh menggunakan fungsi "IF" sederhana pada tabel kelulusan siswa di MS Excel.

Dengan memahami 6 jenis rumus formula Excel ini, cukup untuk mendukung pekerjaan regular perkantoran. Namun demikian, ada baiknya juga Anda tetap mengeksplorasi dan mempelajari rumus formula lainnya. Mungkin suatu saat akan bermanfaat. Yang terpenting, fahami dan terus banyak berlatih agar tidak mudah lupa.

Artikel tentang 6 jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 ini merupakan rangkaian dari Tutorial Microsoft Office Excel 2016 Level 1. Untuk tutorial berikutnya tentang bagaimana cara bekerja dengan data. Akan membahas cara membagi tampilan worksheet, menyortir data, memfilter data, dan lain-lain. Agar berkesinambungan, inilah rangkaian posting artikel tutorial sebelumnya.

  • Membuka dan Memulai Microsoft Excel 2016
  • Mengenal Kegunaan Interface Microsoft Office Excel
  • Mengenal Kegunaan Interface Jendela Workbook Excel 2016
  • Cara Membuat dan Membuka File Workbook Excel
  • Cara Menyimpan dan Berbagi File Workbook Excel 2016
  • Apa Yang Disebut Sel (Cell) Di Excel 2016
  • Cara Menyesuaikan Tampilan Tabel Menggunakan Format Sel (Cell) Excel 2016
  • Cara Memodifikasi Kolom, Baris dan Sel Excel 2016
  • Cara Menghitung Dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel 2016
  • Cara Menghitung Dengan Formula Kompleks Dan Menyalin Rumus Di Excel 2016
  • Cara Menghitung Dengan Rumus Fungsi di Excel 2016

Referensi:
https://support.office.com/en-us/excel
Mount Allison University

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS