Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

CARA AMPUH MEMPERBAIKI HARDISK YANG RUSAK/BAD SECTOR

Cerita sedikit tentang pengalaman saya, ketika hardisk pada laptopku kena bad sector, sebenarnya kejadian ini bukan hal yang pertama kali, namun yang ini lebih menyedihkan dari kejadian yang lalu,  waktu itu saya akan melakukan pekerjaan yang biasa aku kerjakan setiap bulan, ketika dihidupkan proses masuk  windows  loadingnya begitu  lama, yang biasanya tidak akan sampai 1 menit,  apalagi ketika mau tampil ke desktop begitu lama sekali, karena saking kelamaan menunggu aku coba matikan laptop dengan menakan tombol of, kemudian dihidupkan kembali.

Tapi nyatanya malah bertambah semakin lambat, akhirnya aku diamkan saja dengan cara menunggu, sampai akhirnya tampil juga ke desktop meski harus menunggu sekitas 30 menit, bayangkan tampil ke desktop aja harus nunggu sampai 30 menitan, setelah desktop tampil, saya coba untuk memindahkan data-data yang ada pada laptop ke Hardisk Eksternal karena data-data tersebut sangat-sangat penting, namun ketika klik pada folder yang dituju, masalah kembali timbul, untuk membuka folder yang dituju aja membukanya begitu terasa berat sampai-sampai muncul Not Responding, saat itu saya ingin sekali lari kehutan kemudian teriak, bagaimana bisa untuk copy data, untuk membukanya saja begitu lama dan dan terasa berat, sedangkan data yang akan dipindahkan begitu banyak, tadinya saya pikir itu hanya windowsnya yang sudah rusak, tapi nyatanya permasalahan pada hardisk yang kena bad sector.

Itu salah satu pengalaman saya ketika hardisk kena bad sector, jika hardisk yang digunakan tidak ada data penting, atau punya backup pada hardisk yang lain tentu tidak menjadi masalah, saya sendiri heran kenapa bisa kena bad sector, padahal usia hardisk terbilang masih muda,  baru 4 tahunan, dan pemakaiannya pun standar sehari paling 6-8 jam, kalau kena  virus ada anti virusnya.

Setelah saya ingat-ingat ternyata getaran, saya sering membawa laptop saya ke tempat kerja pakai motor, meski pakai tas, tapi jalan yang dilewati tidak selalu mulus, getaran yang terus menerus akan menyebabkan benturan pada head hardisk, hingga menyebabkan bad pada hardisk, itu baru perkiraan saya, namun ada beberapa hal yang menyebabkan hardisk kena bad sector, diantaranya :

1. Faktor Usia, Read/Write atau Pemakaian.
2. Faktor Virus
3. Faktor Tegangan/Arus Listrik/Listrik Mati Mendadak
4. Mematikan Komputer tanpa Proses Shutdown
5. Guncangan/getaran

Ciri-Ciri Hardisk kena bad Sector diantaranya :
1. Proses akses data lambat / sering not responding
2. Terdengar bunyi krek - krek pada hardisk

Dibawah ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi data dan memperbaiki hardisk yang kena bad sector :

Untuk mengakses data pada hardisk yang kena bad sector, cabut hardisk kemudian pasangkan pada PC yang sudah ada sistem operasinya, pasang dengan posisi sebagai Secondary master, proses deteksi hardisk yang kena bad akan cukup lama, jika sudah masuk windows pindahkan datanya, sebenarnya bisa saja melalui windows dengan kabel eksteernal, namun disini yang dibutuhkan adalah deteksi awal hardisk lewat PC melalui DOS.

Jika data sudah diamankan, langkah selanjutnya adalah memperbaiki hardik yang kena bad sector, anda bisa menggunakan software SpinRite 6.0 atau HDD Regenerator 1.71, kedua aplikasi tersebut menurut saya cukup bagus keduanya sudah saya coba dan hasilnya memuaskan.

Download SpinRite 6.0

Cara menggunakan SpinRite 6.0

File sudah berisi ISO jika ingin boot lewat CD, namun bisa juga boot lewat USB, filenya tidak mencapai 2 MB, namun hasilnya bisa anda coba sendiri, anda bisa langsung burning ke CD, atau boot lewat USB.

Untuk boot lewat USB, ekstrak file ISO, bisa menggunakan RAR, kemudian klik kanan RUN Administrator, pilih Install SpinRite on Drive
Sebelum klik Install Bootable SpinRite, tekan dulu huruf drive USB pada papan keyboard, jika drive USB/flashdisk  ada di F, maka tekan huruf F.
Biarkan proses kotak berwarna hijau, jika berhasil seperti gambar dibawah ini.
Setelah Boot pada Flashdisk telah dibuat, pasangkan hardisk pada PC, pasangkan hanya hardisk yang kena bad sector saja, dengan posisi Primary master.
Kemudian masuk BIOS dan atur boot pada PC dengan posisi boot USB, 
Tekan angka 2 untuk recovery data (mengembalikan data) untuk no 2 saya belum pernah mencoba, karena permasalahan memperbaiki bad sector, maka tekan angka 4.
Proses deteksi Hardisk
Pilih driver/partisi dengan menekan angka 1
Pilih gunakan spacebar untuk memilih hardisk atau partisinya saja.
Proses perbaikan hardisk sedang berjalan

Cara kerja software ini akan mendeteksi trek-trek pada hardisk, kemudian menutup trek yang kena bad sector,  proses perbaikan hardik yang mengalami bad sector sangat LAMA, tergantung banyaknya bad dan kapasitas hardisk, saya pernah mencoba hardisk yang ada bad sector yang 150 GB, waktunya mencapai 5 hari.
Biasanya hardisk yang kena bad sector pada awal trek, atau pada drive C, jika yang terkena hanya Drive C atau awal trek, maka proses drive selanjutnya tidak akan begitu lama.

Selamat Mencoba.

Dan untuk memperbaiki Hardisk yang kena Bad Sector dengan HDD Generator anda bisa klik disini CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG BAD SECTOR DENGAN HDD REGENARATOR.

Semoga bermanfaat

Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS