Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Makalah Hardware dan Software Internet


KATA PENGANTAR 

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Berkat kudrat dan iradat-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah Hardware dan Software Internet ini.

Makalah ini merupakan salah satu tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP kelas IX semsester I.

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan kepada penyusun.

Ucapan terima kasih dan penghargaan tersebut kami sampaikan kepada :
1. Guru Mata Pelajaran TIK kelas IX,
2. Teman-teman kelas IX SMPN 2 Campakamulya, dan
3. Kedua orang tua kami tercinta yang telah memberi dorongan dan semangat sehingga laporan ini dapat diselesaikan.

Dalam makalah ini kami menyadari masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan kesempurnaan sangat kami nantikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.

......................,  Januari 2014     
Penyusun,
Makalah Hardware dan Software Internet

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ... i
KATA PENGANTAR  ... ii

BAB I
PENDAHULUAN ... 1
A. Latar Belakang Masalah  ... 1
B. Tujuan ... 1
C. Sistematika ... 2

BAB II
PEMBAHASAN  ... 3
A.    Pengertian hardware dan Software internet ... 3
B.     Hardware Dan Software Yang Berkaitan Dengan Internet ... 3
C.    Etika dan Moral dalam Menggunakan TIK ... 6
D.    Berinteraksi dengan Komputer ... 7

BAB III
PENUTUP ... 8
A.  Kesimpulan ... 8
B.  Saran  ... 8

DAFTAR PUSTAKA  ... 9

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selain membantu memudahkan manusia dalam mencari informasi maupun menerima informasi tetapi juga menuntut manusia untuk berpikir lebih maju. Pada era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang, bisnis dan juga  pendidikan.

Di sekolah-sekolah, kini siswa mendapat pelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan begitu maka manusia mampu mengikuti pesatnya  perkembangan jaman.

Selain sebagai tugas mata pelajaran TIK, disusunnya makalah ini juga karena masih kurangnya pemahaman kami terhadap materi-materi teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan komputer dan internet. Hal ini karena masih terbatasnya perangkat komputer dan jaringan internet di daerah kami berada. Untuk itu dalam makalah ini kami akan membahas tentang Hardware dan Software Internet.

B Tujuan
Dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya yang berkaitan dengan Hardware dan Software Internet ini, diharapkan :

1. Lebih memahami tentang materi Hardware dan Software Internet,
2. Tidak salah dalam menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang berkaitan dengan hardware dan software internet.
3. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi
4. Belajar bekerjasama yang baik dalam kelompok belajar

C. Sistematika
BAB I     PENDAHULUAN
                A.  Latar Belakang Masalah
                B.  Tujuan
                C.  Sistematika

BAB II    PEMBAHASAN
                A.  Pengertian Hardware dan Software Internet
                B.  Hardware dan Software yang Berkaitan dengan Internet
                C.  Etika dan Moral dalam Menggunakan Komputer
                D.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer

BAB III   PENUTUP
                A.  Kesimpulan
                B.  Saran

BAB II
PEMBAHASAN

Internet adalah kependekan dari Interconnected Network atau jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Untuk dapat mengakses informasi di internet, kita harus menggunakan komputer yang terhubung ke internet melalui media perangkat modem dan jalur kabel telepon.

Dalam jaringan komputer, setiap komputer yang terhubung diberi nomor yang dikenal dengan nama IP (Internet Protocol) dimana nomor tersebut berbeda untuk setiap komputer yang terhubung. Untuk dapat mengakses internet setiap komputer harus berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider). Dengan membayar harga tertentu maka ISP akan memberikan nomor IP kepada kita agar kita dapat akses ke internet. Akses internet yang kita dapat diatur oleh ISP baik dari sisi kecepatan akses maupun jenis layanannya.

Sekarang ini, untuk koneksi internet tidak harus melalui dan menggunakan kabel telepon, tapi sudah nirkabel (tanpa kabel) contohnya dengan adanya perangkat modem CDMA atau GSM semisal wi-mode dan bahkan bisa dengan menggunakan telepon bergerak atau handphone yang sudah memiliki fasilitas untuk bisa koneksi internet.

A. Pengertian Hardware Dan Software Internet
Secara umum, pengertian hardware adalah perangkat keras dan software adalah perangkat lunak. Maka hardware dan software internet dapat diartikan “perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dan digunakan dalam penggunaan akses internet pada komputer”.

B. Hardware dan Software Yang Berkaitan Dengan Internet
Seperangkat komputer seperti personal computer (PC) dan laptop/notebook tidak akan dapat digunakan untuk koneksi internet sebelum dipasang hardware dan software khusus. Selain seperangkat hardware komputer dan Software Operating System-nya itu sendiri, ada beberapa hardware dan software khusus agar bisa digunakan untuk koneksi internet antara lain :

1. Hardware Internet
-  Modulator demodulator
Modulator demodulator atau sering disebut modem merupakan perangkat perantara antara komputer dengan saluran internet agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider - penyedia jasa internet). Modem ini bermacam-macam, diantaranya modem dengan saluran telepon kabel atau dial-up, modem adsl, modem gsm, modem cdma,  modem satelite, modem tv kabel dan modem radio. Bisa juga kita gunakan handphone (GSM/CDMA) yang sudah memiliki fitur koneksi internet sebagai modem, tinggal kita memiliki kabel data yang sesuai.

-  Ethernet Card / NIC (Network Interface Card)
Ethernet card atau NIC yaitu alat yang memproses sinyal jaringan komputer. Jika komputer hendak dihubungkan satu sama lain sehingga dapat saling berkomunikasi seperti berbagi koneksi internet, file, dan printer dalam jaringan LAN (local area network) seperti di warnet. Kartu jaringan ada dua jenis yaitu onboard dan non onboard. Untuk motherboard pada era sekarang, biasanya ethernet card sudah disertakan secara permanen (onboard). Sehingga pemakai komputer tidak perlu menambah dengan kartu jaringan.Tetapi selain onboard, terdapat kartu jaringan tersendiri yang ditancapkan pada slot PCI.

- Kabel Jaringan
Kabel jaringan adalah perantara yang menghubungkan antar komputer

- HUB
Hub adalah salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berguna untuk menghubungkan lebih dari dua perangkat komputer

- Web Camera, microphone dan speaker/headset
Web camera atau sering disebut Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar. Microphone adalah alat yang menagkap suara dan speaker/headset adalah alat yang mengeluarkan suara. Dalam hal ini webcam, mic dan speaker/headset adalah satu paket yang biasa digunakan untuk keperluan seperti voice call (percakapan suara) video call (percakapan video).

2. Software Internet
- Browser Internet (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari, dll.)
Software ini berfungsi sebagai gerbang yang membuka dunia internet. Dimana dengan software ini kita bisa mencari berbagai macam informasi dari berbagai penjuru dunia, mulai dari melihat berita terkini, membuat email, facebook, twitter, chatting, mendownload gambar, musik, video, buku dll.

- Email Client (seperti Microsoft Outlook, Outlook Exprees atau thunderbird)
Software ini memungkinkan kita dapat mengirim ataupun menerima email langsung di hardrive komputer kita tanpa harus menggunakan internet browser dulu.

- Voice Call, Video Call dan Chatting (seperti Yahoo Massanger, Gtalk, Skype, dll)
Software ini berguna untuk melakukan komunikasi menggunakan pesan teks (massangger), obrolan teks (chatting), percakapan suara (voice call) dan juga percakapan lengkap saling bertatap muka menggunakan video (video call)

- PC Suite (seperti Nokia PC Suite, Sony Ericsson PC Suite dll)
Software ini berfungsi apabila kita menggunakan handphone sebagai modem. Software PC Suite yang kita gunakan harus sesuai dengan merk handphone yang kita gunakan.

- Anti Virus, firewall dan anti spyware untuk melindungi komputer dari virus (seperti Symantec, Norton, McAffe, Avira Antivirus, AVG, dll)

Virus merupakan software yang dapat merusak software dan segala data yang ada pada perangkat komputer kita bahkan ada yang sampai bisa merusak hardware. Apalagi bila komputer tersebut terhubung dengan internet, karena disanalah virus-virus tersebut berkeliaran. Untuk itu disarankan bagi yang memiliki perangkat komputer agar menggunakan anti virus pada perangkat komputernya. Selain dari internet, virus juga bisa berasal dai keluar masuknya flash disk atau disket dari sembarang pengguna.

C. Etika dan Moral dalam Menggunakan Komputer
Etika adalah ajaran tentang baik dan buruknya sesuatu.
Moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan prilaku seseorang.

1. Hak Cipta Perangkat Lunak
Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi perbatasan-perbatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Menghargai Karya Orang Lain
Penghargaan kepada karya orang lain khususnya pembuat perangkat lunak komputer dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
- Menggunakan perangkat lunak asli, kalaupun tidak kita harus membeli lisensi kepada perusahaan yang bersangkutan.
- Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan.
- Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seizin perusahaan.
- Tidak menyalah gunakan dalam bentuk apapun.
- Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.

3. Undang-undang Hak Cipta
Pemerintah RI telah mengeluarkan peraturan baru yang berupa UU No. 19 Th. 2002 tentang hak cipta. Sebelumnya Indonesia memiliki UU No. 6 Th. 1982 tentang hak cipta sebagaimana telah diubah dengan UU No. 7 Th. 1987 dan terakhir dengan UU No. 12 Th. 1997 yang disebut undang-undang hak cipta dan sanksi pelanggaran undang-undang hak cipta pasal 72 ayat 2 dan 3. Undang-undang mengenai Masa Berlakunya Hak Cipta adalah Pasal 30 UU No. 19 Th. 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya hak cipta atas ciptaan program komputer dan data base adalah 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.

D. Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer
1. Posisi Duduk
Pada saat duduk posisi tubuh tidak terlalu menunduk atau mengadah. Siku membentuk 900 sehingga memudahkan pekerjaan. Pandangan mata harus sejajar dengan monitor komputer.

2. Perkiraan Jarak Pandang Monitor
Pandangan mata dengan monitor berjarak 46-47 cm / 0,150. Dan sebaiknya pada monitor ditambah dengan kaca peredam (screen filter)

3. Memilih Jenis Monitor Yang Baik
Sebaiknya menggunakan jenis monitor TFT LCD karena efek radiasi pencaran sinarnya rendah dan daya listrik yang digunakan lebih kecil dibandinglan CRT.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Setelah disusunya makalah ini dapat disimpulkan bahwa :
1. Penggunaan internet pada komputer ternyata bukanlah hal yang sulit asalkan kita pelajari materi-materi dan cara-caranya dengan seksama.
2. Apabila kita memiliki seperangkat komputer, hal yang paling utama pada hardware dan software internet adalah modem dan web browser. Karena hanya dengan adanya dua alat tersebut, seperangkat PC/laptop/notebook sudah bisa digunakan untuk mengakses internet. Tetapi, modem yang dimaksud disini adalah modem nirkabel, seperti modem GSM/CDMA atau menggunakan modem handphone.

B. Saran
Bertolak dari betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangannya yang begitu pesat, penyusun memberikan saran sebagai berikut :
1. Adanya lab komputer di sekolah untuk praktek TIK, atau paling tidak ada 2 atau 3 unit PC agar siswa bisa lebih memahami tentang pelajaran TIK.
2. Adanya jaringan telekomunikasi/jalur telepon ke daerah dimana sekolah kami berada agar pihak sekolah bisa menyediakan akses inernet.
3. Penggunaan perangkat yang ada untuk mendemonstrasikan atau mempraktekkan penggunaan akses internet, misalnya menggunakan modem handphone.

DAFTAR PUSTAKA

Setiadi, A, Julianto., et. al, 2009. “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VII”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Endang, Lusi., et. al. 2009 “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VIII”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Purbo, W. Onno, 2009 “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas IX”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

__________, 2014. "Makalah Hardware dan Sofware Internet", cakrawalanet.blogspot.com, (online) diakses 25 Januari 2014.

Baca juga contoh Makalah Hardware dan Software Koputer di sini
Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
, Ikuti Paket Ujian Saja

Klik Disini

PROGRAM KURSUS MASUK DESA
LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
KLIK DISINI

SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

TANGGAPAN PESERTA KURSUS