Untuk Menghindari Pemalsuan Sertifikat Resmi Lembaga Kursus Potensi Nusantara, Cek Status Alumni yang SAH Terdaftar Klik disini


AYO KURSUS KOMPUTER DAN TOEFL ONLINE (BUKTI PEMBAYARAN PESERTA KURSUS ONLINE) KLIK DISINI

TRYOUT TOEFL ONLINE GRATISS SERENTAK SEINDONESIA KLIK DISINI


IZIN KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA/ NOMOR INDUK LEMBAGA KURSUS NASIONAL: 07118.1.0035

Lembaga Kursus Potensi Nusantara Menawarkan Paket Kemitraan Berwirausaha (Kerjasama Membuka Cabang Lembaga Kursus Potensi Nusantara Baru)
Untuk Info lebih lanjut Klik Disini

Mengatur Format Tanggal/DATE (Hari,Bulan, dan Tahun) di Excel

Tutorialankha.com | Bagi kita pengguna Microsoft excel tentunya mengatur tanggal, waktu dan bulan akan kita jumpai dalam pengisian kolom atau baris di microsoft ecel ini. 

Mengatur Date/Tanggal di Excel
    Pada saat penginputan Tanggal di excel, kalian tentunya kadang akan menggunakan format tanggal untuk memberitahu spreadsheet atau bahwa kalian mengacu pada suatu tanggal kalender tertentu, seperti 15 Juli 2018.

    Spreadsheet atau sejumlah kolom/baris di microsoft excel tidak memahami suatu informasi dengan cara yang sama yang akan dilakukan oleh seseorang. Misalnya, apabila kalian ketikan bulan Oktober ke dalam sel (kolom/baris), spreadsheet tidak akan tahu bahwa kalian memasukkan tanggal, sehingga akan menampilkan seperti teks biasa.

    Sedangkan Sebaliknya, pada saat kalian memasukkan tanggal di kolom/baris excel, Kalian mesti menggunakan format tertentu yang dimengerti spreadsheet(lembar kerja), misalnya dalam menginput hari/tanggal/tahun (atau hari/bulan/tahun tergantung pada negara di mana kalian berada). Pada contoh di bawah, kita akan ketik 28/05/2018 untuk 28 mei 2018.

    Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa biasanya format bulan/tanggal/tahun ini merupakan format awal (default) dari ms excel ini  (yang merupakan format standart english). Akan tetapi format  penulisan tanggal di Indonesia menggunakan DD-MM-YYYY atau diawali dengan hari/bulan/tahun, naah disini admin akan menjelaskan maksud untuk pengaturan tanggal /DATE di microsoft excel.

    Meskipun cara ini juga bisa kalian gunakan untuk format date/tanggal yang lain, misalkan dd/mm/yyy (ex;28/05/2018), atau misalnya dd mmmm yyyy (ex ; 28 Mei 2018) dan format penanggalan lainnya. Namun pada dasarnya untuk mendifinisikan 

    Keterangan Date :
    D = Day = Hari, Format hari jika ingin menampilkan hari 2digit berarti ditulis DD
    M = Month = Bulan,  yakni untuk penulisan format bulan
    Y = Year = Tahun, Untuk format tahun.

    Pada Uraian keterangan diatas, ini merupakan pemahaman dasar menganai pengaturan pada tanggal/DATE di microsoft excel. Adapun beberapa cara yang bisa kalian pakai/gunakan dalam penginputan atau pemformatan tanggal di microsoft exce lini, namun disini admin akan menjelaskan cara yang simple atau sederhana dan yang paling sering digunakan oleh pengguna excel yang sedang belajar excel.

    Mengatur Format Tanggal/DATE (Hari,Bulan, dan Tahun) di Excel


    Mengatur Format Tanggal/DATE (Hari,Bulan, dan Tahun) di Excel

    Langkah ke-1
    Pilih/seleksi/blok cell yang ingin di atur format tanggal/DATE nya.

    Langkah ke-2
    2. Kemudian klik kanan pada mouse, pilih Format Cells seperti gambar berikut
    Mengatur Date atau Tanggal di Excel

    Langkah ke-3
    Maka akan tampil form seperti gambar dibawah ini, dan pada tab menu Number, pilih  Date, pada opsion "Location" pilih Indonesia, serta bagian "Type" yang merupakan format tanggal yang bisa kalian pilih, dan jangan lupa lihat sample untuk melihat perkiraan nantinya. Misal disini saya memilih type=14 Maret 2012 (untuk tmpilam ms word 2013), dan kemudian klik OK jika selesai
    Mengatur Date atau Tanggal di Excel

    Langkah ke-4
    Selanjutnya ketikan pada kolom yang sudah di setting format cellnya tadi misal 28/05/2018  maka hasilnya yang akan tampil ialah 28 Mei 2018.

    Sampai disini tentunya kalian sudah berhasil menerapkan format tanggal di microsoft excel ini, 

    Akan tetapi apabila ternyata masih belum bisa dalam artian format excel untuk tanggalnya masih belum berubah, meskipun kalian sudah mensetting seperti langkah diatas. Maka solusinya ialah kalian atur /setting format Regional and Language di PC kalian.

    Cara mengatur penanggalannya seperti berikut ini :
    1. Buka control panel Windows+R kemudan ketikan Control Panel >> Enter atau melalui Start >> Control Panel, lalu pilih menu Regional and Language seperti ini
    Mengatur Date atau Tanggal di Pc/Laptop

    2. Maka akan tampil format Date/tanggal yang sedang digunakan di pc/laptop kaian, Selanjutnya pada pilihan menu Format, Ubah Format Indonesia dan juga pada pilihan Short Date = dd/mm/yyyy dan Long date=dd mm yyyy perhatikan gambar dibawah untuk lebih detailnya
    Mengatur Date atau Tanggal di Pc/Laptop

    3. Pilih OK, pada langkah 4 gambar diatas, dan silahkan restart "tutup>>buka ulang" microsoft excel kalian. lalu setting kembali format tanggalnya dan lihat hasilnya.

    Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatur Format Tanggal/DATE (Hari,Bulan, dan Tahun) di Excel ini, semoga bermanfaat dan menambahkan wawasan kalian dalam mengaplikasikan Microsoft Excel ini. 

    Jika ada masukan atau masalah kalian dalam artikel ini, silahkan ajukan pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah. Wassalam


    Baca Juga :
    Sertifikatkan kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris anda
    Sertifikat Komputer dan TOEFL tanpa ikut kursus
    , Ikuti Paket Ujian Saja

    Klik Disini

    PROGRAM KURSUS MASUK DESA
    LEMBAGA PENDIDIKAN POTENSI NUSANTARA MEMBUKA KURSUS KOMPUTER ONLINE BERSERTIFIKAT, PAKET MICROSOFT OFFICE (WINDOWS,WORD,EXCEL,POWER POINT) DAN PAKET DESAIN GRAFIS (ADOBE PHOTOSHOP,COREL DRAW & ADOBE INDESIGN). BIAYA SANGAT TERJANGKAU, INFO LANJUT
    KLIK DISINI

    SERTIFIKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER KAMU TANPA IKUT KURSUS

    TANGGAPAN PESERTA KURSUS